Jalur Puncak II Bisa Jadi Solusi Kemacetan Berjam-jam

Kompas.com - 01/03/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Jalur Puncak II yang membentang di Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, tetap menjadi solusi bagi pengendara yang terjebak macet total di Jalur Utama Puncak.

Kemacetan yang terjadi di Jalur Puncak Bogor maupun Puncak Cianjur pada Minggu (27/2/2022) telah menyebabkan terjebaknya kendaraan.

Dilaporkan ratusan kendaraan roda dua dan empat dengan tujuan Bogor, dan seterusnya untuk memilih melintas di Jalur Puncak II.

Baca juga: Beredar Gambar Render Honda CR-V Terbaru, Tampilan Lebih Elegan

Sejumlah pengendara antre di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Sejumlah pengendara antre di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.

Upaya ini dilakukan untuk menghindari kemacetan total hingga belasan jam di Jalur Puncak, yang sejak dua hari dipadati kendaraan pendatang.

Herman Suherman, Bupati Cianjur, mengatakan, berharap juga berharap pemerintah pusat segera mengabulkan pembangunan jalur Puncak II.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) sudah menganggarkan dana Rp 6 miliar untuk pembangunan jalan tembus Puncak II menuju jalur utama, yang akan dibangun pemerintah pusat.

Baca juga: Jangan Asal Ngebut, Kekuatan Ban Ada Batasannya

Pembangunan Jalur Puncak II di Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, terbengkalai menunggu kabar dari pemerintrah pusat untuk dituntaskan. ANTARA FOTO/Ahmad Fikri Pembangunan Jalur Puncak II di Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, terbengkalai menunggu kabar dari pemerintrah pusat untuk dituntaskan.

"Kita berharap segera terwujud pembangunan Puncak II dari anggaran pusat karena mengandalkan anggaran dari pemerintah daerah sangat minim," ujar Herman, disitat dari Antara (28/2/2022).

“Jalur Puncak II merupakan solusi satu-satunya, mengatasi kemacetan total di jalur Puncak,” kata dia.

Seperti diketahui, pada Minggu (27/2/2022), pengendara diketahui memilih untuk melintas di jalur Puncak II, agar tidak terjebak dalam antrean panjang hingga berjam-jam di jalur utama.

Baca juga: Rumus Benar Menyetir Mobil Manual di Tanjakan

Honda BR-V saat dipakai melewati jalur menanjak di Petungkriyono, Pekalongan, Jawa Tengahkompas.com Honda BR-V saat dipakai melewati jalur menanjak di Petungkriyono, Pekalongan, Jawa Tengah

Walaupun landasan jalan sebagian besar, rusak dan licin, karena tertimbun tanah tebing yang banyak terdapat di sepanjang jalan tersebut.

Meski jalan rusak, pengendara hanya membutuhkan waktu tiga sampai empat jam untuk sampai ke wilayah Bogor. Lebih cepat dibandingkan terjebak dalam jalur Puncak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.