BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Toyota Astra Motor

5 Fitur Penunjang Kenyamanan Berkendara yang Hanya Dimiliki Mobil MPV Masa Kini

Kompas.com - 19/01/2022, 10:32 WIB
|

 

KOMPAS.com – Mobil multi-purpose vehicle (MPV) menjadi salah satu jenis mobil yang cukup laris manis di pasaran. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menemukan, sharing market mobil MPV mencapai 40 persen sepanjang 2021.

Ada beragam alasan yang mendasari konsumen memilih kendaraan tersebut. Seperti namanya, mobil MPV merupakan kendaraan multifungsi. Tak hanya bisa dijadikan moda transportasi pribadi, tapi juga berfungsi sebagai kendaraan bisnis. Terlebih, mobil MPV juga memiliki kapasitas kabin dan bagasi besar.

Bukan itu saja, dengan ground clearance yang tinggi dan mesin tangguh, mobil tersebut mampu menerjang segala medan jalan, mulai dari beraspal, berlumpur, berlubang, berbatu, hingga banjir.

Apalagi, mobil MPV keluaran terbaru telah dilengkapi berbagai fitur yang membikin pengalaman berkendara semakin menyenangkan. Lantas, apa saja fitur terbaru tersebut? Berikut ulasannya.

Baca juga: Kupas Tuntas MPV, Apa Saja Kelebihan Mobil Jenis Ini?

1. Find My Car

Bayangkan ketika harus melakukan perjalanan bisnis dengan pesawat selama beberapa hari. Namun, karena berbagai hal, Anda lebih memilih menggunakan mobil pribadi dan menyetir sendiri ke bandara.

Dalam skenario tersebut, kendaraan otomatis menginap di parkiran bandara. Anda baru mengambilnya ketika pulang dari perjalanan bisnis.

Seperti diketahui, kebanyakan pemilik kendaraan sering lupa posisi parkir. Teknologi Find My Car hadir sebagai solusi dari permasalahan tersebut.

Find My Car adalah fitur penunjuk posisi kendaraan yang sudah terintegrasi dengan aplikasi peta. Karena itu, Informasi yang ditampilkan terbilang lengkap, mulai dari nama jalan, kecamatan, kabupaten, hingga provinsi.

Kedua adalah menu bernama Find My Car yang bisa menunjukkan posisi kendaraan. Pengguna bisa mengetahui posisi mobil berada melalui peta dan alamat yang terdiri dari nama jalan, kecamatan, kabupaten, hingga provinsinya.

Pada menu Find My Car, pengguna juga bisa menjumpai fungsi Geofencing untuk mendapatkan notifikasi ketika mobil keluar atau memasuki suatu area yang telah ditentukan sebelumnya.

Baca juga: Makin Canggih, Yuk Berkenalan dengan Ragam Teknologi Keamanan MPV Zaman Sekarang

2. Geofencing

Geofencing adalah fitur keamanan kendaraan yang terkoneksi dengan jaringan satelit Global Positioning Sistem (GPS). Dengan kata lain, fitur ini memungkinkan pengguna mendapat peringatan manakala kendaraan berada di luar zona resmi.

Cara kerja Geofencing adalah memantau dan memastikan pergerakan mobil berada dalam radius aman yang telah ditentukan pemilik. Jadi, fitur ini dapat berfungsi untuk mencegah aksi pencurian kendaraan.

Untuk menggunakannya, pemilik kendaraan mesti menentukan titik pusat kendaraan terlebih dulu. Contohnya, di rumah. Setelah itu, atur radius aman. Misalnya, 200 kilometer (km) dari titik pusat.

Fitur itu juga memungkinkan pemilik menandai tempat-tempat yang tidak boleh dimasuki kendaraan. Contohnya, klub malam.

Jika terjadi penyalahgunaan, misalnya mobil keluar dari radius yang ditentukan atau masuk ke area terlarang, Geofencing akan memunculkan notifikasi.

Baca juga: 4 Manfaat Memiliki Kendaraan Pribadi, Mobilitas Jadi Lebih Lancar!

3. E-care

Kondisi mobil yang baik membuat pengalaman berkendara jadi menyenangkan. Sayangnya, banyak pemilik yang lupa membawa mobilnya ke bengkel untuk servis rutin.

Sebagai solusi, mobil-mobil MPV zaman sekarang sudah dilengkapi dengan fitur manajemen kendaraan, E-Care, yang dapat mengirimkan pemberitahuan jadwal servis kepada pemilik kendaraan.

4. Inquiry and Support Center

Inquiry and Support Center merupakan fitur keselamatan yang sudah terhubung dengan pusat bantuan yang disediakan produsen kendaraan. Jadi, ketika kendaraan mengalami kerusakan, seperti mogok atau pecah ban, pemilik bisa memanfaatkan fitur itu untuk mendapat bantuan dengan segera.

Baca juga: Jadi Kebutuhan Harian, Mobil Jenis Apa yang Seharusnya Anda Beli?

5. Road Assistance

Fitur keselamatan selanjutnya yang dijumpai pada mobil MVP saat ini adalah Road Assistance. Sama seperti In Inquiry and Support Center, fitur ini juga terkoneksi dengan pusat bantuan produsen armada, ditambah penyedia Emergency Road Assistance (ERA).

Hanya saja, fungsi fitur tersebut ditujukan untuk menangani keadaan darurat. Contohnya, kecelakaan. Jadi, dalam situasi ini, pemilik kendaraan cukup menekan tombol SOS yang ada di fitur Road Assistance. Kemudian, tunggu sampai bantuan datang.

Untuk diketahui, kelima fitur tersebut bisa ditemukan pada mobil MPV keluaran Toyota, seperti All New Avanza dan All New Veloz, melalui T Intouch.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor Anton Jimmi Suwandy menuturkan, sejak tren pemanfaatan digital meningkat, pelanggan semakin membutuhkan konektivitas dan solusi terintegrasi yang dapat memenuhi kebutuhan serta kenyamanan berkendara.

Baca juga: 4 Jenis Mobil Penunjang Mobilitas Plus Pendongkrak Gaya Hidup Kawula Muda

Itulah alasan TAM meluncurkan T Intouch, teknologi telematika besutan yang menghubungkan pengguna dengan kendaraannya.

“Kami melihat saat ini banyak orang ingin lebih terhubung dan hidup lebih sederhana. Karena itu, kami meluncurkan T Intouch. Peluncuran ini sekaligus sebagai realisasi dari komitmen TAM yang ingin selalu menghadirkan Total Mobility Solution terbaik,” terangnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (16/12/2021).

Anton melanjutkan, fitur T Intouch dapat diakses melalui aplikasi mobile mTOYOTA. Bagi konsumen yang belum terdaftar, dapat melakukan registrasi terlebih dahulu ke dealer terdekat. Sementara, bagi yang sudah terdaftar dapat langsung menikmati fitur tersebut.

Selain Find My Car, Geofencing, Inquiry and Support Center, E-care, dan Road Assistance, T Intouch juga memiliki fitur Stolen vehicle tracking, Vehicle info, Trip Driving Update, dan Reward Program.

Baca juga: Ingin Mobil Baru, Mending Tukar Tambah atau Jual Dulu?

Perkembangan signifikan

Terkait All New Avanza dan All New Veloz, kedua kendaraan ini secara garis besar telah mengalami perkembangan signifikan ketimbang seri terdahulu. Ada pula platform Front Engine-Front Wheel Drive (FF) yang membuat pengalaman berkendara makin nyaman dan responsif.

Anton menjelaskan, penyematan platform FF pada All New Veloz dan All New Avanza membuat kabin keduanya makin luas. Bahkan, jarak antarkursi kurang lebih sama seperti Kijang Innova. Meski begitu, bobot kendaraan tetap ringan.

Selain itu, desain bodi All New Veloz dan All New Avanza juga kini lebih aerodinamis berkat platform tersebut. Rancangan bodi tersebut membuat kendaraan dapat menghasilkan coefficient of drag lebih rendah sehingga membuat semakin mudah ‘membelah udara’.

Baca juga: Sudah Jadi Kebutuhan, Beli Mobil Sebaiknya Kredit atau Tunai?

Performa lebih tangguh

All New Veloz dan All New Avanza juga didukung mesin berteknologi Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga dan torsi lebih baik. Keduanya juga dilengkapi dengan penggerak roda depan sehingga proporsi bobot kendaraan menjadi lebih berimbang.

Terlebih, Continously Variable Transmission (CVT) dan suspensi yang dipasang pada All New Veloz dan All New Avanza juga baru. mampu memberikan pengalaman berkendara.

“Pengalaman berkendara jadi lebih nyaman dan responsif di berbagai kondisi jalan, termasuk saat menanjak,” kata Anton.

All New Avanza sendiri dibangun sebagai kendaraan fungsional serta memiliki value for money lebih baik. Dengan begitu, kebutuhan berkendara, baik di dalam maupun luar kota, bisa terpenuhi.

Sementara, All New Veloz didesain lebih premium dan bergaya mengikuti profil konsumen yang membutuhkan kendaraan sebagai teman mobilitas lifestyle sehari-hari.

Baca juga: Sering Dibilang Mirip, Ini Perbedaan Mobil Hatchback dan City Car

Untuk diketahui, TAM tengah menggelar program EZDeal, yakni fasilitas pembiayaan kepemilikan kendaraan dengan cicilan ringan selama enam tahun.

Khusus All New Avanza, Toyota menetapkan cicilan mulai dari Rp 2,9 juta per bulan. Sementara, cicilan untuk Veloz dimulai dari Rp 3,5 juta per bulan.

Skema cicilan tersebut berlaku selama dua tahun pertama. Pada tahun berikutnya, konsumen bisa menyesuaikan besaran cicilan dengan perkembangan pendapatan sehingga tidak mengganggu kebutuhan hidup lainnya.

Sebagai informasi, TAM juga menghadirkan EZDeal Syariat khusus pelanggan muslim. Dalam program ini, perusahaan tidak menerapkan bunga pada skema pembayaran. Keberadaan EZDeal Syariah menunjukkan bahwa TAM mengakomodasi kebutuhan berkendara semua lapisan masyarakat.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.