Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pole Position Pertama di Gresini, Marc Marquez Incar Podium di Jerez

Kompas.com - 28/04/2024, 21:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez terlihat semakin nyaman dan kompetitif bersama tim satelit Ducati, Gresini Racing. Pada MotoGP Spanyol 2024 di Sirkuit Jerez, dia berhasil meraih pole position pertamanya bersama tim ini.

Saat perjalanan meraih pole position, Marc sempat hampir terjatuh dua kali. Saat sprint race, dia bahkan sempat terjatuh saat sedang memimpin di depan.

Baca juga: Martin Terkejut Lihat Marc Marquez Jatuh di Sprint Race MotoGP Spanyol

Namun, Marc berhasil melanjutkan balapan hingga akhirnya finis di posisi ketujuh. Dia pun sukses mengamankan poin penting untuk klasemen sementara MotoGP 2024.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2024

Mekanik ahli Gresini Racing yang telah menyiapkan Ducati Desmosedici GP23 membuat Marc Marquez dan Alex Marquez makin nyaman untuk menempatkan podium ganda pada. Sayangnya hanya titik lintasan basah membuat keduanya harus melintasi kerikil tepian sirkuit.

Balapan pasca hujan memang membuat pebalap lebih mewaspadai sirkuit Jerez yang masih terdapat titik basah. Hal ini berdampak juga terhadap Alex Marquez dan Marc Marquez.

Baca juga: Live MotoGP Spanyol: Marc Marquez Low-side Saat Pimpin Balapan

Adapun Alex terjatuh diikuti oleh dua pebalap lain di belakangnya, tak berapa lama Marc juga melindas titik basah setelah berusaha menurunkan ritme usai mengatur jarak dengan Jorge Martin.

Marc Marquez dan Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez dan Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2024

“Saat pekerjaan tampaknya selesai, saya bersantai selama satu detik dan berakhir di area kecil yang basah. Ukurannya tidak lebih besar dari 20 cm, tapi itu berdampak besar,” ujar Marc, dalam keterangan resminya.

“Kami balapan sebagai protagonis meskipun startnya sedikit mengecewakan, tapi kami akan punya kesempatan lagi pada hari Minggu. Semuanya akan berbeda karena trek akan benar-benar kering dan kemungkinan besar kami akan mengganti opsi ban belakang. Sementara kami berada di pole position dan makin nyaman mengincar podium,” kata Marc.

Marc Marquez meraih pole position pada MotoGP Spanyol 2024Dok. MotoGP Marc Marquez meraih pole position pada MotoGP Spanyol 2024

Sementara Alex, mengatakan, ahir pekan sejauh ini sangat positif dan dengan permulaan hari ini, dia dan timnya siap untuk hasil yang luar biasa.

"Sayang sekali untuk area basah di tikungan lima karena kami bertiga tertipu olehnya pada saat yang bersamaan. Kami perlu mengulangi start yang sama besok dan meninggalkan Jerez setelah tampil bagus,” ujarnya.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2024Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2024

Pada MotoGP Spanyol kali ini, Marc mendapat pole position ke-93 dalam karirnya dan untuk pertama kalinya bersama tim Gresini Racing. Marc akan memanfaatkan kesempatan emas ini untuk meraih podium perdananya bersama Gresini Racing pada balapan utama.

Posisi keenam di garis start akan dimanfaatkan oleh Alex untuk meraih podium bersama dengan Marc. Apalagi, Ducati Desmosedici GP23 yang disiapkan oleh tim Gresini Racing sudah terlihat potensial dan makin nyaman di lintasan kering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com