Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP Spanyol; Bagnaia Juara, Marc Marquez Podium Kedua

Kompas.com - 28/04/2024, 19:46 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JEREZ, KOMPAS.com - Pebalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia menjadi juara pada gelaran MotoGP Spanyol 2024, yang digelar di Sirkuit Jerez, Minggu (28/4/2024).

Bagnaia mampu unggul lebih cepat dibanding rival terdekatnya Marc Marquez yang berada di posisi ketiga. Sedangkan Marco Bezzecchi ada di posisi ketiga.

Pebalap Gresini Racing Marc Marquez yang start dari posisi pertama mampu mempertahankan posisinya di tikungan pertama. Namun di akhir lap pertama, Francesco Bagnaia berhasil megambil alih pimpinan.

Marquez yang mencoba menyusul kembali justru tersenggol Bagnaia dan kesalip Jorge Martin. Di akhir lap kedua, posisi rombongan depan diisi oleh Bagnaia, Martin dan Marquez.

Memasuki lap ketiga di trek lurus Martin melesat dan berhasil mengambil alih tempat Bagnaia. Adapun Marquez yang pakai motor Desmosedici GP23 alias motor tahun lalu kalah kencang dan masih di posisi ketiga.

Di sisi lain, pebalap VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi mulai menguntit Marquez di posisi keempat. Kemudian di lap keempat, pebalap wildcard Red Bull KTM Dani Pedrosa mengalami low side.

Baca juga: Live MotoGP Spanyol; Martin Kecelakaan, Sedang Pimpin Balapan

Rookie GasGas Tech3 yang tampil luar biasa di tiga balapan sebelumnya kali ini belum bisa menunjukkan tajinya. Meski bermain di kandang sendiri, di lap kelima Acosta masih berada di posisi ke-16.

Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2024Dok. @26_danipedrosa Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2024

Pada lap keenam tiga pebalap rombongan depan saling membuntuti tapi menahan kecepatan. Posisinya tidak berubah, Martin paling depan kemudian disusul Bagnaia dan Marquez di tempat ketiga, dengan jarak tak lebih dari 0,5 detik.

Sial buat Marquez di lap ketujuh Bezzecchi berhasil menyusul Marquez. Membuat posisi Baby Alien turun ke posisi empat dengan jarak sekitar 1 detik dari rekan setimnya di Gresini Racing, Alex Marquez.

Baca juga: Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi Jadi Wadah Silaturahmi Antar Komunitas

Pada lap kesembilan Martin dan Bagnaia mulai memisahkan diri dari rombongan. Jarak antara Martin dan Bagnaia tak sampai 0,5 detik. Adapun jarak antara Bagnaia dengan Bezzecchi nyaris satu detik.

Pada lap ke-10 di sektor dua, pebalap Aprilia Aleix Espargaro jatuh dan menyeret pebalap lainnya, LCR Honda, Johann Zarco.

Sial buat Martin yang sedang memimpin balap jatuh di lap ke-11. Pebalap Pramac Racing tersebut jatuh karena ban depan yang memakai kompon medium kehilangan grip saat memasuki tikungan ke kanan. 

Pada lap ke-13, rombongan depan kini diisi oleh Bagnaia, Bezzecchi, dan Marquez. Memasuki lap-14 Marquez berhasil menggunting Bezzecchi di tikungan pendek dan kini memburu Bagnaia.

Baca juga: Lebih Aman Motor atau Mobil Sebagai Kendaraan Pribadi?

Pada lap ke-15 Marquez mulai mendekati Bagnaia, dari jarak hampir satu detik menjadi 0,5 detik. Meski demikian Marquez tidak terlihat nogot untuk langsung mendekati Juara Dunia MotoGP 2023 tersebut.

Francesco BagnaiaFoto: X Francesco Bagnaia Francesco Bagnaia

Sisa sembilan lap Marquez mencetak lap tercepat dengan catatan 1 menit 37,837 detik. Meski demikian jarak antara dirinya dengan pimpinan balap yaitu Bagnaia masih 0,7 detik.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com