Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diskon Mobil Murah Toyota Agya Awal 2022 Tembus Rp 5 Juta

Kompas.com - 18/01/2022, 19:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Agya merupakan salah satu mobil murah andalan Toyota dengan 5 seater. Mobil murah ini termasuk dalam pemberian insentif PPnBM untuk di bawah Rp 200 juta (LCGC) dari Pemerintah.

Kabar baiknya, Presiden Joko Widodo menyetujui perpanjangan diskon Pajak Pembelian atas Barang Mewah (PPnBM) pada tahun 2022. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Baca juga: Kecelakaan Truk di Jalan Tol Layang MBZ, Kenapa Truk Bisa Masuk?

Airlangga menuturkan, diskon PPnBM masuk dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2022.

"Pak Presiden menyetujui telah diberikan juga fasilitas tarif PPnBM yang ditanggung pemerintah (DTP) khusus untuk sektor otomotif," kata Airlangga dalam konferensi pers, Minggu (16/1/2022).

Toyota Agya TRD Sportivo bekas lansiran tahun 2020 Toyota Agya TRD Sportivo bekas lansiran tahun 2020

Diskon PPnBM diberikan untuk kendaraan bermotor dengan harga di bawah Rp 200 juta (LCGC). Adapun PPnBM yang seharusnya dikenakan mencapai 3 persen.

Namun, khusus kuartal I 2022, pemerintah tidak mengenakan pajak (pajak 0 persen) alias memberi diskon PPnBM DTP sebesar 3 persen.

Baca juga: Komparasi Yamaha Fazzio Hybrid dan Honda Scoopy

"Mobil dengan harga penjualan di bawah Rp 200 juta atau LCGC, PPnBM adalah 3 persen di mana di kuartal pertama diberikan fasilitas 0 persen," ucap Airlangga.

Besaran diskon pajak ini kemudian dikurangi sedikit demi sedikit di tiap kuartal. Pada kuartal II, pemerintah hanya memberi diskon sebesar 2 persen sehingga pembeli perlu membayar PPnBM sebesar 2 persen.

Kemudian di kuartal III, diskon PPnBM kembali dikurangi hanya sebesar 1 persen. Dengan kata lain, pembeli perlu membayar PPnBM sebesar 2 persen sisanya. Kemudian di kuartal IV, bayar penuh sesuai tarifnya yaitu 3 persen.

Toyota Agya GR SportTAM Toyota Agya GR Sport

Meskipun demikian, Toyota masih belum mengumumkan terkait harga insentif PPnBM yang diberikan. Jika nantinya peneerpana PPnBM diterapkan bulan ini, maka pihak Toyota akan mengembalikan kelebihan pembayaran kepada konsumen

Baca juga: Penonton MotoGP Mandalika 2022 Akan Dikarantina dengan Skema Bubble

"Jika PPnBM berlakunya bulan Februari dan unit alokasi Februari maka harga akan ikut bulan tersebut. Jika alokasi bulan ini PPnBM di Februari, maka harga akan ikut Januari. Jika alokasi Januari dan PPnBM di Januari, maka selisih akan dikembalikan," kata salah satu tenaga penjual diler Toyota Jakarta kepada Kompas.com, Selasa (18/1/2022).

Pramuniaga tersebut mengatakan, ketentuan dan kebijakan mengenai insentif PPnBM akan mengikuti kebijakan dari Pemerintah juga. Sedangkan untuk potongan harga yang diberikan bulan ini, Toyota bisa memberikan potongan harga Rp 5 juta untuk Toyota Agya.

"Untuk potongan harga Toyota Agya diskon Rp 5 juta," kata dia.

Tes drive Toyota Agya TRD AT 2020Kompas.com Tes drive Toyota Agya TRD AT 2020

Berikut daftar harga Toyota Agya OTR Jakarta dan sekitarnya sebelum diberlakukan insentif PPnBM untuk LCGC sebesar 3 persen.

Baca juga: Honda Brio Satya Bekas Dijual Mulai Rp 90 Jutaan

New Agya 1.2 G M/T STD harga Rp 149.200.000
New Agya 1.2 G M/T GR SPORT harga Rp 154.845.000
New Agya 1.2 G A/T STD harga Rp 162.740.000
New Agya 1.2 G A/T GR SPORT harga Rp 170.690.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com