BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Toyota Astra Motor

4 Manfaat Memiliki Kendaraan Pribadi, Mobilitas Jadi Lebih Lancar!

Kompas.com - 17/01/2022, 19:04 WIB
|

KOMPAS.com – Memiliki kendaraan pribadi, seperti mobil, pada masa pandemi Covid-19 dinilai semakin penting. Selain membantu mobilitas harian, mobil pribadi juga dapat mendukung fleksibilitas seseorang untuk bepergian.

Pada saat musim hujan, misalnya. Seseorang yang memiliki mobil akan cenderung lebih fleksibel bepergian dibandingkan mereka yang mengendarai sepeda motor.

Baca juga: Kupas Tuntas MPV, Apa Saja Kelebihan Mobil Jenis Ini?

Memang, taksi dan transportasi umum online bisa menjadi opsi lain. Namun, pada saat hujan, tarif transportasi online akan melambung tinggi. Waktu menunggu kendaraan pun cenderung lebih lama karena harus berebutan dengan penumpang lain.

Tak hanya itu, masih ada beberapa manfaat lain dari memiliki mobil pribadi. Simak ulasan berikut.

1. Lebih aman dari paparan Covid-19

Pada masa pandemi, mengendarai mobil pribadi akan lebih aman dari paparan virus SARS-CoV-2 ketimbang menaiki transportasi umum. Sebab, Anda tidak perlu melakukan kontak fisik secara langsung dengan orang lain.

Anda juga lebih leluasa mengontrol kebersihan mobil pribadi. Contohnya, Anda bisa menyemprotkan cairan disinfektan ke bagian interior mobil setelah dan sebelum digunakan, mulai dari jok, setir, tombol-tombol di bagian dasbor, hingga gagang pintu.

2. Fleksibel untuk berkendara kapan saja

Selain aman dari hujan, berkendara dengan mobil pribadi juga lebih nyaman saat cuaca terik. Pasalnya, Anda tidak perlu takut terpapar sinar matahari dan debu secara langsung yang bisa membuat penampilan menjadi kusam.

Agar lebih nyaman, Anda juga bisa memanfaatkan sunroof yang bisa diaplikasikan pada kaca bagian depan. Perlindungan seperti ini akan menahan sinar matahari untuk tidak langsung menyorot tubuh sekaligus melindungi dasbor mobil.

Toyota All New AvanzaDOK. PT TAM Toyota All New Avanza

 

3. Lebih efisien saat bepergian bersama keluarga

Berkendara jarak jauh menggunakan mobil pribadi dengan keluarga dinilai lebih hemat biaya dibandingkan menggunakan transportasi umum. Ambil contoh, Anda ingin melakukan perjalanan dari Jakarta ke Surabaya.

Bila menggunakan pesawat terbang, tiket untuk satu orang sekali jalan berkisar Rp 500.000 hingga Rp 900.000 tergantung kelasnya. Mengambil harga paling murah, biaya untuk empat anggota keluarga untuk sekali jalan adalah Rp 4 juta dan pergi-pulang Rp 8 juta.

Bila menggunakan kendaraan pribadi, biaya yang diperlukan adalah tol dan bensin dari Jakarta ke Surabaya.

Baca juga: Jadi Kebutuhan Harian, Mobil Jenis Apa yang Seharusnya Anda Beli?

Melansir laman resmi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Kominfo Jatim), Kamis (19/8/2021), tarif Tol Jakarta-Surabaya atau sebaliknya untuk kendaraan golongan I adalah sekitar Rp 691.500.

Lalu, jarak yang harus ditempuh dari Jakarta ke Surabaya lewat Tol Trans Jawa adalah 784,2 kilometer (km). Dengan asumsi mobil yang digunakan memiliki konsumsi bahan bakar minyak (BBM) 1 liter per 10 km, Anda memerlukan sekitar 78 liter BBM sekali jalan.

Bila kendaraan menggunakan BBM Pertamax seharga Rp 9.000 per liter, uang BBM yang harus disediakan sekali jalan berkisar Rp 702.000.

Baca juga: Sering Dibilang Mirip, Ini Perbedaan Mobil Hatchback dan City Car

Dengan kata lain, setidaknya Anda perlu menyiapkan kurang lebih Rp 2,8 juta dengan membawa seluruh personel keluarga untuk perjalanan pergi-pulang.

Alternatif transportasi lain seperti bus atau kereta api memang ada. Namun, bila ditilik dari segi efisiensi membawa banyak barang, memakai mobil pribadi masih lebih nyaman dan aman.

Toyota All New AvanzaDOK. PT TAM Toyota All New Avanza

4. Harga terjangkau

Salah satu faktor lain yang membuat banyak orang ingin memiliki mobil adalah harga yang terjangkau dengan metode pembayaran menarik.

Salah satu produsen otomotif yang memberikan layanan tersebut adalah PT Toyota-Astra Motor (TAM) melalui paket pembiayaan EZDeal.

EZDeal pertama kali diluncurkan pada akhir Agustus 2021. Saat itu, hanya dua model yang dilayani dalam program ini, yaitu Toyota Raize dan Yaris.

Secara bertahap, TAM terus menambah jajaran produk lain yang termasuk ke dalam program EZDeal, yaitu Rush, Vios, Avanza, dan Veloz. Dengan demikian, program ini sudah mencakup enam model Toyota.

Baca juga: Ingin Mobil Baru, Mending Tukar Tambah atau Jual Dulu?

Melalui EZDeal, Anda bisa memiliki kendaraan Toyota dengan cicilan bulanan yang ringan.

Untuk Toyota Raize, misalnya, bisa didapatkan dengan cicilan mulai Rp 2,7 juta per bulan, Yaris mulai Rp 3,5 juta per bulan, Rush mulai Rp 3,5 juta per bulan, Vios mulai Rp 4 juta per bulan, Avanza mulai Rp 2,9 juta per bulan, dan Veloz mulai Rp3,5 juta per bulan.

Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan, EZDeal diharapkan memberikan solusi kredit cicilan ringan yang bisa menjangkau pelanggan lebih banyak.

“Dengan masuknya The All New Avanza dan Veloz ke dalam jajaran model yang dilayani dalam program EZDeal. Ke depan, akan lebih banyak model Toyota lain yang dapat dimiliki dengan memanfaatkan paket ini,” ujar Anton dalam rilis tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (16/12/2021).

Untuk informasi lebih lengkap mengenai program EZDeal, kunjungi laman finance.toyota.astra.co.id/ezdeal.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.