BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Toyota Astra Motor

Jadi Kebutuhan Harian, Mobil Jenis Apa yang Seharusnya Anda Beli?

Kompas.com - 13/01/2022, 11:07 WIB

KOMPAS.com – Kebutuhan masyarakat Indonesia akan kendaraan roda empat terus meningkat seiring waktu. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, penjualan mobil di pasar domestik mencapai 84.113 unit pada September 2021. Angka ini naik sebanyak 73,24 persen dibandingkan 2020 pada bulan yang sama.

Hal tersebut membuktikan bahwa mobil kini tak hanya dianggap sebagai kebutuhan penunjang, tetapi juga kebutuhan utama banyak orang dalam mendukung aktivitas harian.

Terdapat beberapa alasan yang membuat kendaraan roda empat lebih digemari. Salah satunya adalah faktor kenyamanan.

Seperti diketahui, penggunaan mobil dinilai lebih efektif, terutama dalam melindungi pengemudi dari kondisi cuaca yang tak bersahabat.

Dari segi daya angkut, moda transportasi tersebut juga mampu membawa lebih banyak orang dibandingkan sepeda motor.

Melihat keunggulan tersebut, tak heran jika banyak orang lebih memilih mobil sebagai alat transportasi untuk menunjang mobilitas harian.

Saat ini terdapat banyak jenis mobil yang ada di pasaran. Pengguna bisa memilihnya sesuai fungsi dan kebutuhannya berkendara.

Meski demikian, tak seluruh jenis mobil cocok digunakan untuk aktivitas harian. Oleh karena itu, bagi Anda yang hendak membeli mobil baru, ada baiknya mengenal lebih jauh beberapa jenis mobil tersebut agar dapat digunakan secara optimal.

Simak ulasan jenis mobil berikut untuk mengetahuinya.

City car

City car merupakan jenis mobil yang memiliki mesin dan dimensi compact dengan daya angkut empat penumpang. Jenis kendaraan ini dirancang agar dapat berakselerasi dengan mudah di kota besar yang padat dan macet.

Ciri lain dari mobil jenis ini adalah penggunaan bahan bakar yang tergolong hemat.

Seperti diketahui, kondisi jalan yang macet berpengaruh besar pada konsumsi bahan bakar minyak (BBM) kendaraan.

Pasalnya, kondisi jalan yang macet membuat mesin kendaraan tetap hidup secara statis. Ini membuat konsumsi BBM dapat meningkat hingga 20 persen.

Berkat dua kelebihan tersebut itu, city car cocok digunakan untuk menunjang aktivitas di kota besar.

Hatchback

Mobil jenis ini umumnya tak jauh berbeda dengan city car. Hanya saja, mobil berjenis hatchback memiliki dimensi dan mesin yang lebih besar dibanding city car.

Biasanya, desain dimensi pada hatchback lebih panjang sehingga kabinnya lebih luas.

Untuk ukuran mesin, kebanyakan mobil berjenis hatchback memakai mesin berkapasitas 1.500 cc. Sedangkan kapasitas mesin city car ada di bawah itu.

Hampir sama dengan city car, hatchback juga cocok bagi pengendara yang punya mobilitas tinggi di perkotaan. Mobil ini lincah dipakai untuk bermanuver di jalanan sehingga dapat diandalkan pada kondisi jalanan yang ramai dan macet.

Sport utility vehicle (SUV)

SUV adalah kombinasi dari dua tipe mobil, yakni tipe penumpang dan off-road. Oleh karena itu, selain cocok untuk digunakan di perkotaan, SUV juga bisa diajak untuk melintasi segala jenis medan karena dibekali dengan performa mesin yang lebih bertenaga.

Dari segi dimensi, mobil ini memiliki ukuran yang cukup besar. SUV umunya memiliki ground clearance atau jarak yang cukup tinggi dari bodi mobil ke tanah.

Ciri lain dari SUV adalah penggunaan sistem four wheels drive atau 4WD. Lewat sistem ini, keempat roda kendaraan dibekali dengan sistem penggerak mandiri agar mobil mendapat traksi yang besar untuk melibas medan yang sulit. Meski begitu, ada juga SUV yang menggunakan sistem 2WD.

Multi-purpose vehicle (MPV)

Berbeda dengan SUV yang dapat menempuh medan bervariasi, MPV identik dengan mobil keluarga dengan kemampuan akomodasi yang besar.

Pasalnya, jenis mobil ini dapat mengangkut banyak penumpang dan barang bawaan. Terlebih, jok baris kedua dan ketiga dapat dilipat untuk mengangkut lebih banyak barang.

Oleh karena itu, bagi Anda yang hendak mencari mobil impian untuk digunakan bersama seluruh anggota keluarga, MPV merupakan pilihan terbaik.

Apalagi, saat ini, terdapat ragam mobil jenis MPV di pasaran yang mampu memberikan kenyamanan berkendara, baik untuk aktivitas harian maupun bepergian bersama keluarga, seperti Toyota All New Avanza dan All New Veloz.

Berbeda dengan pendahulunya, PT Toyota-Astra Motor (TAM) memberikan sentuhan berbeda pada kedua MPV andalannya tersebut.

Hal itu tampak dari desain kendaraan yang lebih mewah dan modern. Kesan mewah tersebut langsung terlihat dari keberadaan sepasang lampu light-emitting diode (LED) yang dikombinasikan dengan grill berbentuk trapesium berukuran besar di bagian depan dan belakang.

Selain itu, desain konstruksi pilar pada keduanya juga terlihat lebih kekar dan kokoh.

Dari segi dimensi, baik All New Avanza maupun All New Veloz, dibekali dengan dimensi yang besar dan lapang sehingga membuat perjalanan Anda bersama keluarga menjadi lebih nyaman.

Tak hanya itu, Anda juga akan merasakan pengalaman berkendara yang responsif berkat kehadiran platform Front Engine – Front Wheel Drive (FF).

Dengan platform tersebut, All New Avanza dan All New Veloz dapat dengan mudah menempuh perjalanan luar kota dengan medan menanjak, sempit, dan berliku.

Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan, meski dimensi keduanya menjadi lebih besar, platform baru tersebut mampu menurunkan bobot kendaraan agar lebih seimbang sehingga tenaga dan torque to weight ratio menjadi lebih baik.

“Selain FF, kehadiran dengan adanya transmisi continuously variable transmission (CVT) dan suspensi baru membuat All New Avanza dan All New Veloz mampu menawarkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan responsif di berbagai kondisi jalan, termasuk saat menanjak,” ujar Anton dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, jumat (17/12/2021).

Adapun sebagai bentuk adaptasi terhadap teknologi digital, TAM juga menghadirkan fitur T Touch pada setiap produk kendaraan terbarunya, termasuk pada All New Avanza dan All New Veloz.

Marketing Director Fumitaka Kawashima mengatakan, T Intouch dihadirkan untuk menciptakan pengalaman baru berkendara dalam berkonektivitas secara digital melalui teknologi telematika.

“Fitur tersebut adalah solusi layanan dan aplikasi terintegrasi yang memberikan kemudahan untuk terhubung dengan kendaraan. Lewat fitur tersebut, pengendara dapat memantau segala kondisi yang ada di kendaraan secara real time melalui aplikasi digital mToyota,” kata Kawashima.

Untuk keamanan, keduanya juga dilengkapi beragam fitur terkini, seperti Toyota Safety Sense, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), dan 6 Supplementary Restraint System (SRS) Airbag.

Itu tadi ragam keunggulan dari All New Avanza dan All New Veloz. Bagi yang tertarik melakukan pembelian, saat ini TAM tengah menyelenggarakan program pembelian kendaraan bernama EZDeal.

Melalui EZDeal, Anda dapat memiliki kendaraan Toyota dengan cicilan bulanan yang ringan selama enam tahun.

“EZDeal diharapkan memberikan solusi kredit cicilan ringan agar kami bisa menjangkau customer lebih banyak lagi. The All New Avanza dan Veloz termasuk ke dalam jajaran model yang di-cover dalam program ini. Ke depannya, akan lebih banyak model Toyota lainnya yang dapat dimiliki dengan memanfaatkan paket ini,” jelas Anton.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk kendaraan dari TAM, silakan kunjungi tautan berikut.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.