BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Toyota Astra Motor

Makin Canggih, Yuk Berkenalan dengan Ragam Teknologi Keamanan MPV Zaman Sekarang

Kompas.com - 18/01/2022, 10:32 WIB

KOMPAS.com – Pembaruan teknologi jadi salah satu daya tarik yang kerap dipertimbangkan calon pembeli mobil.

Pasalnya, teknologi tersebut berkaitan erat dengan kenyamanan serta keamanan pengemudi dan penumpang saat berkendara. Apalagi, jika mobil tersebut diperuntukkan bagi keluarga, misalnya mobil tipe multi-purpose vehicle (MVP).

Seperti diketahui, MVP merupakan kendaraan multifungsi dengan kapasitas hingga 7 penumpang. Oleh sebab itu, mobil MPV identik sebagai mobil keluarga.

Selain itu, MPV juga biasanya dilengkapi bagasi yang cukup luas. Jok belakang pada mobil jenis ini juga bisa dilipat secara praktis sehingga bagasi bisa menjadi lebih luas.

Demi mengoptimalkan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara, produsen mobil juga menyematkan sejumlah teknologi teranyar pada mobil MVP.

Apa saja teknologi tersebut? Berikut ulasannya.

1. Pre-collision warning dan pre-collision braking

Pre-collision warning (PCW) merupakan teknologi radar yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan obyek di depan mobil.

PCW akan memberi peringatan kepada pengemudi sehingga dapat melakukan manuver untuk menghindar.

(Baca juga: Kupas Tuntas MPV, Apa Saja Kelebihan Mobil Jenis Ini?)

Sementara itu, pre-collision braking (PCB) merupakan fitur yang dapat melakukan pengereman otomatis untuk menghindari kecelakaan.

Dengan demikian, pengemudi dapat mencegah dan mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan atau pejalan kaki yang berada di depan mobil.

2. Front departure alert

Sama seperti PCW dan PCB, front departure alert (FDA) juga memanfaatkan teknologi radar. Bedanya, FDA akan mengeluarkan suara peringatan ketika mobil cukup dekat dengan kendaraan di sekitar.

Teknologi tersebut dapat dimanfaatkan pengendara ketika berada di tengah kemacetan lalu lintas. Fitur ini akan memberikan peringatan ketika mobil di depan tiba-tiba mendekat saat sedang mengantre.

3. Pedal misoperation control

Pedal misoperation control merupakan teknologi keamanan yang berfungsi untuk mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas.

Toyota All New VelozKOMPAS.com/STANLY RAVEL Toyota All New Veloz

Teknologi tersebut bekerja dengan menyalakan alarm peringatan, melakukan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga saat sensor yang terletak pada bagian depan mobil mendeteksi potensi benturan.

(Baca juga: Sering Dibilang Mirip, Ini Perbedaan Mobil Hatchback dan City Car)

Pada kondisi itu, sensor akan mendeteksi jarak aman mobil dan tembok. Saat jarak antara mobil dan tembok cukup dekat, pedal gas akan terkoreksi sehingga pengendara tidak bisa menekan gas lagi.

4. Lane departure warning dan lane departure prevention

Teknologi lane departure warning dan lane departure prevention dapat mencegah mobil berpindah jalur secara tidak sengaja.

Ketika hal itu terjadi, mobil akan mengeluarkan suara alarm ketika bergerak menyamping di jalan lurus.

Teknologi tersebut juga bermanfaat untuk mengantisipasi kecelakaan akibat pengaruh microsleep, yakni kondisi tertidur secara tiba-tiba dalam waktu singkat akibat kelelahan berkendara.

Itulah keempat teknologi teranyar yang terdapat pada mobil tipe MPV masa kini. Keempat teknologi ini juga menjadi bagian dari Toyota Safety Sense (TSS) yang tersemat pada Toyota All New Avanza dan All New Veloz.

Sebagai informasi, All New Avanza dibangun sebagai kendaraan fungsional yang mampu diandalkan dengan nilai value for money lebih baik.

Oleh sebab itu, All New Avanza cocok bagi pengendara yang mengedepankan aspek fungsional untuk mendukung kegiatan rutin mereka, baik di dalam maupun luar kota.

Sementara itu, All New Veloz memiliki daya tarik emosional lebih kuat berkat desain eksterior yang stylish dan premium. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan fitur advance lengkap yang memanjakan penumpang.

Tak heran, All New Veloz menjadi pilihan utama bagi konsumen yang membutuhkan kendaraan sebagai teman mobilitas lifestyle sehari-hari di beragam lokasi.

(Baca: 4 Manfaat Memiliki Kendaraan Pribadi, Mobilitas Jadi Lebih Lancar!)

Meski demikian, kedua MVP berkapasitas 7 penumpang tersebut tetap mengedepankan fungsionalitas kabin untuk segala kebutuhan, mesin yang irit bahan bakar, serta kaki-kaki tangguh.

All New Veloz dan AvanzaTAM All New Veloz dan Avanza

Bermodalkan platform front engine-front wheel drive (FF) baru, bobot All New Veloz dan All New Avanza menjadi lebih ringan meskipun dimensinya bertambah besar.

Kedua mobil tersebut juga sudah didukung mesin berteknologi Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga dan torsi lebih baik. Dipadukan dengan penggerak roda depan, proporsi bobot keduanya pun menjadi lebih berimbang.

Kombinasi tersebut membuat power to weight ratio dan torque to weight ratio All New Veloz dan All New Avanza menjadi lebih baik.

“Platform FF terbaru pada All New Veloz dan All New Avanza menjadikan kabin keduanya jauh lebih luas. Bahkan, jarak antarkursi (keduanya) hampir seluas Kijang Innova,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Anton melanjutkan, kedua mobil tersebut juga mengusung transmisi CVT dan suspensi baru. Dengan demikian, All New Veloz dan All New Avanza menawarkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan responsif di berbagai kondisi jalan, termasuk saat menanjak.

Dengan seluruh keunggulan tersebut, tak heran kedua mobil MPV masa kini yang dihadirkan All New Veloz dan All New Avanza dapat menjadi pilihan terbaik bagi pengendara yang mengedepankan aspek keselamatan dan kenyamanan sekaligus mendambakan mobil stylish berperforma ciamik.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.