BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Toyota Astra Motor

Kupas Tuntas MPV, Apa Saja Kelebihan Mobil Jenis Ini?

Kompas.com - 14/01/2022, 10:32 WIB

KOMPAS.comMulti-purpose vehicle (MPV) merupakan salah satu jenis kendaraan roda empat yang paling sering ditemui di jalan raya. Tak hanya di kota besar, mobil jenis ini juga mudah ditemui di jalanan daerah di seluruh Indonesia.

Meski selama pandemi Covid-19, industri otomotif, khususnya kendaraan roda empat mengalami penurunan, mobil MPV menjadi jenis kendaraan yang mendominasi penjualan dari pabrik ke dealer atau wholesales.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total wholesales MPV per November 2021 mencapai 443.921 unit atau sebesar 56,2 persen dari total keseluruhan wholesales sebesar 790.524 unit.

Baca juga: Cek Harga MPV Murah yang Naik Tanpa Diskon PPnBM di Januari 2022

Berdasarkan data tersebut, mobil MPV tetap menjadi primadona ketimbang jenis kendaraan roda empat lain.

MPV disukai masyarakat Tanah Air karena memiliki sejumlah keunggulan. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Kapasitas penumpang lebih banyak

Mobil MPV didesain untuk dapat mengangkut banyak penumpang. Karenanya, kebanyakan mobil jenis ini memiliki kursi penumpang yang cukup banyak. Hal ini membuat MPV menjadi mobil andalan untuk berkendara bersama seluruh keluarga.

Umumnya, mobil MPV memiliki tiga baris bangku sehingga dapat mengangkut hingga tujuh penumpang. Rinciannya, satu penumpang di kursi bagian depan, serta tiga orang di masing-masing bagian tengah dan belakang.

Selain itu, MPV juga memiliki ruang untuk bagasi barang. Bila membawa lebih banyak barang, kursi baris ketiga mobil dapat dilipat untuk mendapatkan ruang bagasi yang lebih luas.

2. Nyaman dipakai berkendara di berbagai medan

Meski terisi oleh banyak orang, penumpang mobil MPV akan tetap merasa nyaman ketika melakukan perjalanan. Sebab, mobil jenis ini biasanya memiliki ruang kabin yang luas. Para penumpang dapat duduk dan meluruskan kaki dengan nyaman.

Baca juga: Jadi Kebutuhan Harian, Mobil Jenis Apa yang Seharusnya Anda Beli?

Tak heran, mobil MPV dapat diandalkan untuk berkendara jarak jauh. Terlebih, mobil MPV kini juga memiliki sejumlah fitur untuk menambah kenyamanan pengemudi dan penumpang dalam berbagai kondisi jalan.

Misalnya, fitur ground clearance yang tinggi. Fitur ini dapat membantu kendaraan melewati berbagai medan, seperti jalanan bergelombang, berlubang, dan jalan yang dipenuhi genangan air alias banjir secara lebih mulus. Dengan begitu, penumpang dapat merasa lebih nyaman di perjalanan.

Bahkan, beberapa merek mobil MPV juga memiliki peningkatan fitur yang memungkinkan untuk melewati jalan menanjak, sempit, dan berliku.

3. Fitur keamanan yang lengkap

Selain kenyamanan, keamanan dalam berkendara juga menjadi hal penting dalam memilih kendaraan. Mobil MPV terkini telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang lengkap, antara lain electronic stability control (ECS), tire pressure monitoring system (TPMS), emergency stop signal (ESS), dan dual SRS airbag.

Fitur-fitur tersebut dapat meminimalisasi risiko terjadinya kecelakaan dan membuat pengemudi serta penumpang aman saat melakukan perjalanan.

4. Harga yang kompetitif

Kelebihan lainnya, MPV umumnya memiliki harga beli yang lebih kompetitif. Bahkan, harganya dinilai lebih terjangkau ketimbang jenis mobil lain.

Baca juga: Punya Mobil Baru, Ingat Pentingnya Servis Pertama ke Bengkel Resmi

Selain itu, biaya operasional dan perawatan mobil MPV juga relatif terjangkau, seperti biaya bahan bakar, perawatan bulanan, biaya servis, dan pembelian suku cadang.

Harga mobil MPV pun tidak akan turun jauh dari harga beli. Terlebih, bila kondisi mobil masih prima dan terawat.

Itulah empat kelebihan mobil MPV yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Selain keempat kelebihan tersebut, kini produsen mobil juga menyematkan berbagai kelebihan lain pada produk MPV mereka.

Hal tersebut dilakukan PT Toyota-Astra Motor (TAM) untuk dua mobil MPV andalan mereka, yaitu All New Avanza dan All New Veloz.

All New Avanza dari TAM.Dok. TAM All New Avanza dari TAM.

Kedua mobil tersebut memiliki Platform Front Engine – Front Wheel Drive (FF) yang membuat pengalaman berkendara yang nyaman dan responsif. Dengan platform baru tersebut, All New Avanza dan All New Veloz memiliki kabin yang lebih luas dengan jarak antarkursi mendekati Kijang Innova.

“Meski dimensi kedua mobil tersebut menjadi lebih besar, adanya platform FF mampu menurunkan bobot kendaraan dan lebih berimbang. Dengan demikian, power dan torque to weight ratio lebih baik,” ujar Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandy dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (17/12/2021).

Pasalnya, kedua mobil tersebut didukung mesin berteknologi Dual VVT-I yang menghasilkan tenaga dan torsi lebih baik. Dipadukan dengan penggerak roda depan, membuat proporsi bobotnya menjadi lebih berimbang.

Selain itu, All New Avanza dan All New Veloz telah dilengkapi fitur Hill Start Assist (HSA) dan Traction Control.

Kedua fitur tersebut membuat All New Avanza dan All New Veloz dapat melewati beragam kondisi dan kontur jalan dengan mudah, termasuk yang berliku dan menanjak.

Baca juga: Tes Mesin dan Transmisi Baru Toyota All New Avanza dan Veloz

Berkat platform FF baru, kedua mobil tersebut memiliki desain bodi yang lebih aerodinamis. Rancangan ini membuat kendaraan memiliki coefficient of drag lebih rendah sehingga meningkatkan performa kendaraan.

TAM juga menyematkan fitur canggih terbaru pada All New Avanza dan All New Veloz, yaitu T Intouch. Sebelumnya, fitur ini hanya diterapkan pada model premium TAM, yaitu New Camry.

T Intouch adalah teknologi telematika yang menghubungkan kendaraan dengan aplikasi mTOYOTA. Dengan demikian, pelanggan dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota secara digital.

Meski sama-sama dilakukan pengembangan yang baru, kedua mobil tersebut didesain untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan kebutuhan yang berbeda.

Baca juga: All New Avanza Rakitan Lokal Siap Invasi Thailand Februari 2022

All New Avanza dikembangkan sebagai kendaraan fungsional dengan nilai value for money yang lebih baik. Mobil ini dapat menjadi pilihan bagi mereka yang ingin membeli mobil pertama kali. Pasalnya, All New Avanza dapat mendukung mobilitas sehari-hari, baik di dalam maupun luar kota.

Sementara itu, All New Veloz cocok bagi pengguna yang menginginkan kendaraan stylish dan premium. Mobil ini dilengkapi dengan fitur advance yang lengkap untuk memanjakan penumpang. Maka dari itu, All New Veloz dapat dijadikan teman mobilitas lifestyle di beragam lokasi.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai All New Avanza dan All New Veloz, silakan klik di sini

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.