BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Toyota Astra Motor

4 Jenis Mobil Penunjang Mobilitas Plus Pendongkrak Gaya Hidup Kawula Muda

Kompas.com - 17/11/2021, 10:37 WIB
Kendaraan, seperti mobil, dibutuhkan untuk menunjang mobilitas. Shutterstock/Flamingo ImagesKendaraan, seperti mobil, dibutuhkan untuk menunjang mobilitas.
|

KOMPAS.com – Generasi muda terkenal dengan mobilitasnya yang tinggi. Sebagian besar dari mereka bisa melakukan aktivitas berbeda dari satu tempat ke tempat lain dalam satu hari. Fenomena ini lama-kelamaan menjadi gaya hidup.

Ambil saja contoh anak-anak muda yang sudah bekerja. Pagi hari mereka bekerja di kantor. Ketika siang tiba, tak jarang muncul keinginan untuk makan di luar area kantor, seperti di kafe atau restoran. Selepas jam kerja pun biasanya mereka tak langsung pulang ke rumah. Ada yang melipir ke gym, bioskop, atau nongkrong bersama teman terlebih dahulu untuk mencari hiburan.

Itu baru pada hari kerja, belum dengan akhir pekan yang juga kerap diisi dengan kegiatan rekreasi di luar kota. Mobilitas demikian membuat kehadiran kendaraan pribadi, seperti mobil, semakin dibutuhkan.

Nah, empat jenis mobil berikut bisa jadi pertimbangan bagi generasi muda yang ingin memiliki kendaraan pribadi untuk menunjang mobilitas sehari-hari. Berikut ulasannya.

Baca juga: Sudah Jadi Kebutuhan, Beli Mobil Sebaiknya Kredit atau Tunai?

1. Sport utility vehicle (SUV)

SUV terkenal akan ketangguhannya dalam melahap berbagai medan jalan, baik on-road maupun off-road. Ini karena mesin yang digunakan rata-rata berkapasitas di atas 1.500 cc dengan sistem penggerak roda 4x4. Namun, ada pula model SUV dengan penggerak 4x2.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain punya jeroan gahar, SUV juga gagah secara tampilan. Hal ini terlihat dari dimensi mobil yang besar, suspensi yang kokoh, dan ground clearance tinggi, yakni sekitar 200 milimeter (mm). Kegagahan kendaraan ini juga tampak dari profil ban yang dipakai, yakni minimal 15 inci dengan kontur tebal dan gemuk.

Sementara, pada bagian kabin, mobil tersebut mampu mengangkut enam hingga delapan penumpang. Beberapa contoh SUV yang kerap lalu lalang di jalanan adalah Raize dan Rush dari Toyota.

2. Multi-purpose vehicle (MPV)

Seperti namanya, MPV adalah mobil serbaguna yang dapat mengangkut penumpang dan barang. Daya tampungnya pun cukup banyak, yakni enam hingga delapan kursi, dan dibekali bagasi lumayan luas di bagian belakang dengan bukaan pintu ke atas.

Jika bagasi tidak muat, pengguna bisa melipat jok pada baris kedua dan ketiga untuk mendapatkan ruang tambahan. Kelebihan ini membuat MPV sering diidentikkan sebagai kendaraan keluarga. Namun, tidak seperti SUV, MPV dibuat khusus untuk perjalanan on-road.

Adapun contoh mobil MPV adalah Avanza dan Veloz yang juga merupakan pabrikan Toyota.

3. Sedan

Jika ingin tampil elegan sekaligus bisa berakselerasi dengan maksimal, cobalah melirik mobil jenis sedan. Pasalnya, selain mengedepankan faktor kenyamanan berkendara, mobil ini juga dibekali mesin dengan performa andal.

Secara spesifikasi, sedan terdiri dari tiga bagian, yakni ruang mesin, kabin dengan kapasitas hingga lima orang, dan bagasi. Kapasitasnya yang minim membuat mobil ini kurang ideal untuk dijadikan kendaraan keluarga.

Salah satu contoh sedan yang banyak beredar di pasaran adalah Toyota Vios.

4. Hatchback

Hatcback pada dasarnya merupakan sedan. Hanya saja, mobil ini tidak memiliki “buntut” sebagai bagasi seperti yang dijumpai pada sedan. Ruang penyimpanan barang pada hatchback justru terletak di belakang jok penumpang.

Secara tampilan, mobil jenis ini tidak sebesar SUV atau MPV. Ruang kabin hanya menampung empat hingga lima penumpang. Meski begitu, desain hatchback tampak sporty dengan ukuran compact sehingga cocok digunakan di perkotaan.

Adapun Toyota Yaris merupakan satu dari sekian banyak hatchback yang ada di pasaran dan digandrungi oleh kalangan muda.

Baca juga: Gratis Pajak Diperpanjang, Saatnya Beli Mobil Baru

Itulah empat rekomendasi jenis mobil yang bisa dipilih untuk mengakomodasi mobilitas harian. Pilihlah kendaraan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan penggunaan.

Apabila keputusan jatuh pada mobil-mobil yang dicontohkan, yakni Rush, Raize, Avanza, Veloz, Vios, dan Yaris, Anda bisa mendapatkan ragam penawaran menarik dari Toyota Astra Motor (TAM).

Sebagai informasi, TAM tengah menggelar program EZDeal, yakni program pembiayaan kepemilikan kendaraan dengan cicilan ringan selama enam tahun.

Khusus Raize, Toyota menetapkan cicilan mulai dari Rp 2,7 juta per bulan. Sementara, cicilan untuk Yaris, Veloz, dan Rush dimulai dari Rp 3,5 juta per bulan. Bagi yang berminat pada Vios, siapkan saja angsuran Rp 4 juta per bulan. Lalu, Rp 2,9 juta per bulan untuk Avanza.

Skema cicilan tersebut berlaku selama dua tahun pertama. Pada tahun berikutnya, konsumen bisa menyesuaikan besaran cicilan dengan perkembangan pendapatan sehingga tidak mengganggu kebutuhan hidup lainnya.

Selain program cicilan, Toyota juga memberikan kesempatan trade-in atau tukar tambah di tengah masa angsuran. Transaksi ini bisa dilakukan melalui program Toyota Trade-in.

Hal menarik dari program tersebut adalah unit mobil yang hendak ditukar bisa dari merek apa saja. Jadi, tidak hanya mobil pabrikan Toyota.

Tukar tambah melalui Toyota Trade-in pun berlangsung mudah dan cepat. Penilaian dan penentuan harga unit lawas pun dilakukan secara transparan. Selain itu, Toyota juga fleksibel dalam hal penarikan unit lama. Jadi, selama unit baru belum dikirim oleh Toyota, pelanggan masih bisa memakai mobil lamanya.

Dalam rangka meningkatkan kenyamanan konsumen dalam membeli mobil, Toyota akan segera menyempurnakan Toyota Official Store Solution (TOSS). TOSS sendiri adalah platform belanja online khusus produk-produk dari pabrikan Toyota. Platform ini terintegrasi dengan seluruh dealer di seluruh Indonesia.

Akan tetapi, dealer yang terkoneksi dengan TOSS saat ini masih terbatas. Platform ini pun baru hadir dalam versi beta.

Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan, kehadiran program EZDeal, Toyota Trade-in, dan TOSS merupakan upaya Toyota dalam menghadirkan solusi bermobilitas yang lebih baik lagi bagi pelanggan.

“Toyota akan selalu menyiapkan dan melakukan peningkatan, baik secara offline maupun online. Pilihan layanan Total Mobility Solution Toyota pun kian lengkap, baik program usership, ownership, dan after sales yang manfaatnya semakin menarik bagi pelanggan,” terangnya.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.