Bus Ziarah, Punya Spek Susunan Bangku Paling Banyak

Kompas.com - 07/01/2022, 09:22 WIB
Bus pariwisata baru PO Bin Ilyas DOK. LAKSANABUSBus pariwisata baru PO Bin Ilyas

JAKARTA, KOMPAS.comBus merupakan salah satu moda transportasi yang bisa disewa untuk berbagai kegiatan. Apalagi jika jumlah orang yang ikut dalam kegiatan tersebut banyak jumlahnya, sangat cocok jika perjalanannya menggunakan bus.

Salah satu kegiatan yang biasanya menggunakan bus sebagai transportasi adalah ziarah. Ziarah biasanya dilakukan dengan pergi ke makam orang yang dianggap mulia dan biasanya berada di luar kota.

Ketika berziarah, dibutuhkan bus dengan jumlah bangku yang cukup banyak. Dengan begitu, rombongan peziarah yang biasanya terdiri dari puluhan orang cukup dengan naik satu bus saja.

Baca juga: Pelat Nomor Dipasang Cip, jika Belum Bayar Pajak Tidak Bisa Masuk Tol dan Parkir

Kabin bus PO Bin IlyasDOK. LAKSANABUS Kabin bus PO Bin Ilyas

Bus pariwisata yang digunakan biasanya punya sebutan sebagai spek ziarah. Lalu apa maksud dari spesifikasi bus tersebut, apa bedanya dengan bus pariwisata pada umumnya?

J Phillip Soegiharto, Staff Sales Karoseri Laksana mengatakan, salah satu bus dengan spek ziarah adalah unit milik PO Bin Ilyas yang belum lama ini rilis, menggunakan sasis tronton dengan jumlah bangku sampai 70 seats.

“Bedanya dengan bus pariwisata biasa bangku di-set dua di kiri dan tiga di kanan. Kemudian ada dispenser dan wastafel untuk cuci tangan atau wudhu,” ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (6/1/2021).

Baca juga: Bahas Desain Eksterior Mitsubishi Xpander Ultimate 2022, Makin Ganteng

Walaupun susunan bangkunya mirip dengan bus AKAP kelas ekonomi, namun jarak antar bangkunya masih luas. Kemudian tujuan banyaknya bangku ini juga demi memuat banyak penumpang sehingga uang sewa yang dibayar per orang bisa lebih murah.

Untuk bus pariwisata, memang kebanyakan menggunakan susunan bangku 2-2. Namun sebenarnya, ketika bus masuk garasi, jumlah bangkunya bisa disetel lagi, disesuaikan dengan keinginan penyewa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.