Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Bus BTS Dihentikan Sementara, Karoseri Lanjutkan Produksi

Kompas.com - 06/01/2022, 18:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Layanan bus Buy The Service (BTS) oleh Kementerian Perhubungan pada awal 2022 memang sedang dihentikan sementara. Hal ini berlaku pada bus BTS di seluruh Indonesia, bukan hanya satu kota saja.

Berdasarkan informasi yang redaksi terima, Kementerian Perhubungan sedang melakukan evaluasi, jadi untuk sementara layanannya dihentikan. Untuk kapan bisa kembali beroperasi, pihaknya masih belum bisa ditentukan.

Sebagian kota memang sudah mengoperasikan bus BTS ini untuk beberapa bulan. Misalnya seperti di Kota Bogor yang sudah beroperasi sejak November 2021.

Baca juga: Daftar Tarif Bus Tujuan Bali dari Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya

Bus BTS buatan karoseri LaksanaDOK. LAKSANABUS Bus BTS buatan karoseri Laksana

Selain itu, ada juga di Surabaya yang seharusnya mulai beroperasi pada awal 2022, harus diundur operasionalnya. Lalu bagaimana dengan nasib bus-bus BTS yang masih dibuat di karoseri?

Karoseri Laksana merupakan salah satu pembuat bodi bus yang memproduksi bus untuk beberapa kota. Sebut saja Makassar, Bogor, Banyumas, dan Padang menggunakan bus buatan Karoseri Laksana.

Menurut Informasi dari salah seorang staf Karoseri Laksana, Karoseri tetap memproduksi bus walaupun sedang ada penghentian operasi. Tidak ada pemberhentian produksi bus karena bukan masalah perijinan, jadi tetap bisa sesuai jadwal.

Baca juga: Apa Boleh Sabun Cuci Piring Jadi Alternatif Cairan untuk Wiper?

“Kalau produksi, kami tetap on schedule. Sekarang kita masih menyelesaikan Trans Padang,” ucap salah satu staf kepada Kompas.com, Kamis (6/1/2022).

Kemudian soal bus yang sudah selesai apakah dikirim langsung atau disimpan di gudang Laksana, semuanya kembali lagi ke kebijakan operator. Jadi bisa saja minta untuk dititipkan sementara sampai operasional bus kembali normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com