Pelat Nomor Dipasang Cip, jika Belum Bayar Pajak Tidak Bisa Masuk Tol dan Parkir

Kompas.com - 06/01/2022, 15:30 WIB
Mulai Tahun Depan, Warna Pelat Nomor Kendaraan Bakal Jadi Putih KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoMulai Tahun Depan, Warna Pelat Nomor Kendaraan Bakal Jadi Putih

JAKARTA, KOMPAS.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri sedang menyiapkan aturan baru terkait Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Selain mengganti warna dasar menjadi putih, ke depannya pelat nomor akan dipasang cip.

Brigjen Pol Yusri Yunus Dir Regident Korlantas Polri mengatakan, banyak manfaat ketika pelat nomor dipasang alat canggih, seperti cip atau teknologi sistem Radio Frequency Identification (RFID) atau alat deteksi kendaraan dengan signal.

Dia mencontohkan, apabila semuanya sudah terealisasi maka bisa digunakan untuk membayar tol, parkir, dan lain sebagainya.

Baca juga: Ini Kendaraan yang Dapat Pelat Nomor Warna Putih di Tahap Awal

"Tapi kalau nanti pemilik kendaraan itu tidak membayar pajak, maka tidak bisa masuk ke jalan tol atau parkir di tempat manapun yang berbayar," ucap Yusri Yunus kepada KOMPAS.com, belum lama ini.

Tanda Nomor Kendaraan Bermotor berlatar warna putih dengan tulisan hitamist Tanda Nomor Kendaraan Bermotor berlatar warna putih dengan tulisan hitam

Alasannya, lanjut jenderal polisi bintang satu itu karena data pemilik kendaraan tersebut bisa terbaca oleh sistem canggih. Jadi apabila tidak membayar pajak tahunan, maka kegiatan lainnya yang berhubungan dengan itu akan terblokir.

Baca juga: Siap-siap, Pelat Nomor Kendaraan Bermotor Bakal Dipasang Cip

"Itu hanya salah satu contoh saja, akan banyak lagi keuntungan lainnya. Jadi ke depannya akan mengarah ke era digital yang lebih canggih," ujar Yusri.

Menurut dia, untuk sampai ke tahap itu butuh waktu yang lama dan sekarang ini sedang dipersiapkan segalanya. Sehingga, nanti jika sudah siap akan dimulai disosialisasikan dan tahap terakhir diterapkan secara nasional pada mobil dan sepeda motor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.