Lorenzo Sebut Rossi Tidak Akan Jadi Juara Dunia pada 2015 meski Tanpa Penalti

Kompas.com - 06/01/2022, 13:42 WIB
Rossi start dari urutan terakhir di Valencia pada MotoGP 2015 MotoGPRossi start dari urutan terakhir di Valencia pada MotoGP 2015

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak yang yakin bahwa Valentino Rossi bisa saja menjadi juara dunia MotoGP 2015. Jika saja tidak diberikan sanksi atau penalti setelah insiden dengan Marc Marquez di MotoGP Malaysia.

Insiden yang terkenal dengan sebutan Sepang Clash tersebut menjadi sorotan pada saat itu. Rossi yang bersaing ketat dengan Jorge Lorenzo untuk gelar juara dunia merasa dihalang-halangi oleh Marquez secara sengaja.

Baca juga: Selain VR46 Racing Team, Mooney Juga Jadi Sponsor Rossi di Balap Mobil

Rossi pun panas dan membuat Marquez terjatuh ketika keduanya saling bersenggolan di salah satu tikungan di Sirkuit Sepang. Akibatnya, Rossi diganjar penalti dengan start dari urutan paling belakang pada MotoGP Valencia yang merupakan seri penentu.

Aksi mengagumkan Valentino Rossi di seri terakhir MotoGP 2015 di Valencia.Crash.net Aksi mengagumkan Valentino Rossi di seri terakhir MotoGP 2015 di Valencia.

Rossi gagal menjadi juara dunia karena poin yang diraihnya tidak cukup setelah finis di urutan keempat. Sedangkan Lorenzo berhasil finis di urutan pertama.

Lorenzo mengatakan, Rossi sudah menyadari dia memiliki peluang untuk menjadi juara dunia saat balapan di Argentina. Lalu, terjadilah kontak dengan Marquez yang membuat pebalap Repsol Honda itu terjatuh.

Baca juga: Rossi Sebut Posisi Italia di MotoGP Sudah Bagus

"Menurut saya, Marc berpikir bahwa Rossi melakukannya secara sengaja dan dia juga tidak suka ketika Rossi tidak menanyakan kondisinya setelah kecelakaan tersebut," ujar Lorenzo, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (6/1/2022).

Rossi start dari urutan terakhir di Valencia pada MotoGP 2015MotoGP Rossi start dari urutan terakhir di Valencia pada MotoGP 2015

Lorenzo menambahkan, sejak saat itu, hubungan antara keduanya mulai mereda dan setelah itu ada konferensi pers di Malaysia yang tidak terelakkan.

"Tapi, meskipun Rossi tidak diberi penalti di Valencia, dia tetap akan finis di urutan keempat, baik saat sesi latihan dan saat balapan. Sebab, Honda dan saya jelas lebih kencang darinya di trek tersebut," kata Lorenzo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.