Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Mitsubishi Xpander, Mesin Sama dengan Transmisi Baru

Kompas.com - 06/01/2022, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Redaksi Kompas.com tengah mencoba Mitsubishi Xpander tipe Ultimate terbaru untuk dites selama beberapa hari. Bagian yang paling berubah tentu ada pada bagian eksteriornya, seperti lampu, bumper, dan pelek.

Setelah membahas bagian eksterior, spesifikasi dari Xpander baru ini juga perlu untuk diulik. Secara spesifikasi, apa saja bedanya dengan Xpander generasi sebelumnya?

Untuk mesin, Xpander masih menggunakan model yang sama, yakni 1.5L MIVEC DOHC yang menghasilkan tenaga 105 PS atau setara 103,5 TK di 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.000 rpm.

Baca juga: Ini Kendaraan yang Dapat Pelat Nomor Warna Putih di Tahap Awal

Mitsubishi Xpander saat melaju di jalan bergelombang.KOMPAS.com/ADITYO WISNU Mitsubishi Xpander saat melaju di jalan bergelombang.

Bedanya, Mitsubishi menyematkan Exhaust Gas Recirculation (EGR) dengan tujuan mengurangi emisi gas buang. Mitsubishi juga mengklaim Xpander sudah lolos uji emisi Euro 4.

Perbedaan lainnya ada pada transmisi yang kini menggunakan CVT. Sebelumnya, Xpander menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan. Harapannya dengan transmisi baru ini Xpander bisa lebih irit dan tetap responsif ketika dikemudikan.

Komponen yang turut diperbarui pada Xpander ini adalah sektor suspensi. Mitsubishi mengganti sokbreker belakang dengan model yang punya diameter lebih besar, bahkan sama dengan milik Pajero Sport.

Baca juga: TNKB Diganti Warna Putih, Ini Cara dan Syarat Bayar Pajak Kendaraan 5 Tahunan

Untuk bagian depan, sistem suspensi yang digunakan tetap sama karena dianggap masih mumpuni. Jadi tinggal bagian belakang saja yang dikembangkan demi mendapatkan rasa berkendara yang semakin nyaman.

Spesifikasi lainnya yang baru ada pada Xpander ini adalah Electric Parking Brake (EPB) dengan fitur Brake Auto Hold. Fitur ini cuma hadir di varian Ultimate dan Sport CVT, sedangkan sisanya masih menggunakan model mekanikal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com