Daimler Bakal Jual dan Produksi Bus Listrik serta Truk Canggih di Indonesia

Kompas.com - 15/12/2021, 19:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Era elektrifikasi murai merambah ke industri komersial. Para produsen otomotif di kelas niaga pun tengah menyiapkan kendaraan ramah lingkungan, salah satunya PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI).

President Director PT DCVI Jung-Woo Park menurutkan,  Daimler sendiri memiliki model bus listrik yang sekarang ini ada di Eropa. Produk tersebut antara lain dipasarkan serta diproduksi di benua biru.

Namun, untuk sekarang ini belum bisa dibawa ke Indonesia karena terhalang regulasi khususnya dari sisi dimensi. Meski begitu, tahun depan akan dicoba untuk diuji di jalanan Indonesia.

Baca juga: Daimler AG Merilis Truk Berbahan Bakar Hidrogen Fuel-Cell

“Kami akan membawa prototipe bus listrik ke Indonesia pada semester kedua tahun depan (2022), mendekati akhir tahun. Lalu, kami akan melakukan uji coba terlebih dahulu dalam jangka waktu terbilang panjang yakni enam bulan,” ujar Park di Jakarta Rabu (15/12/2021).

Usai melakukan uji coba maka langkah selanjutnya, kata Park akan memproduksi dan menjual bus listrik tersebut di Indonesia. 

Eksterior Mercedes-Benz Axor Euro 4.Kompas.com/Imalay Naomi L Eksterior Mercedes-Benz Axor Euro 4.

"Rencananya kita akan mulai melakukan produksi pada semester kedua tahun 2023 di Indonesia," kata dia.

Truk Canggih

Faustina, Head of Product and Marketing Truck & Bus Product, Homologation, Marketing and Communications PT DCVI mengatakan, selain bus, produk yang bakal dirilis, yaitu truk Axor Euro4 dengan teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR). Truk terbaru Mercedes-Benz Axor ini memiliki teknologi emisi gas buang Euro 4.

"Truk Mercedes-Benz Axor Euro 4 yang akan segera dipasarkan di Indonesia menggunakan mesin dengan teknologi mesin Unitized Pump Direct Injection dan teknologi SCR," kata Faustina.

Selain itu, teknologi tersebut memiliki empat kelebihan, yakni efisiensi konsumsi bahan bakar yang lebih baik, mesin yang terbukti tangguh dengan unit pompa injeksi yang bisa diandalkan (reliable), teknologi mesin Euro 4 khas Eropa, frekuensi downtime yang lebih rendah dengan Zero Pressure Drain (ZPD) Pump.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.