Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wintrone Punya Kendala Penuhi Regulasi Bobot Bus Listrik

Kompas.com - 23/07/2024, 18:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Karoseri Tentrem bersama Wintrone Orionis Indonesia (Wintrone) rilis bus listrik medium delapan meter dengan nama E-Navigator. Bus tersebut resmi dimiliki PO Bagong dengan peruntukan sebagai bus tambang.

Secara tampilan, E-Navigator yang ditopang rangka Wintrone Orionis 8NV tersebut punya model yang sama dengan Navigator pada umumnya. Beda cuma di bagian grille dan bagian kabin yang memang disesuaikan dengan kebutuhan angkutan karyawan.

Rahadian Prabowo, Corporate Secretary Wintrone mengatakan, Wintrone dengan Tentrem sudah bekerja sama sejak Agustus 2023. Satu busnya yang 12 meter sudah mejeng di Busworld 2024 dan satu lagi yang delapan meter baru muncul di GIIAS.

Baca juga: Bus Listrik Buatan Karoseri Tentrem Pakai Sasis Lokal Wintrone

Bus listrik buatan Karoseri Tentrem pakai sasis WintroneWintrone Bus listrik buatan Karoseri Tentrem pakai sasis Wintrone

"Kita kembangkan (bus) hampir enam bulan. Nanti yang delapan meter ada lagi, satu yang model BRT," kata Rahadian kepada Kompas.com, Minggu (21/7/2024).

Pengembangan yang cukup panjang tersebut bukan dari proses produksi, tapi buat ikut regulasi. Rahadian bilang, kalau soal produksi massal, Wintrone dan Tentrem sudah ahli di bidangnya.

"Kan basis kita ini orang otomotif sebelumnya. Jadi kita jalan produksi massal enggak sulit. Sekarang sedang proses dapat homologasi VIN lokal," kata Rahadian.

Baca juga: Skema Kredit Mobil Listrik VinFast VF 5, Cicilan mulai Rp 4 Juta


Cuma proses yang panjang ada saat menyiapkan busnya agar sesuai dengan regulasi. Rahadian menjelaskan, bus listrik masih harus mengikuti PP No.55, beratnya tidak boleh melebihi delapan ton.

"Kita lambat karena adopsi itu dulu. Kita biasa bikin bus spesifikasi dulu (di luar), beda dengan di sini," kata Rahadian.

Wintrone merupakan pembuat bus listrik yang bekerja sama dengan Karoseri Tentrem. Perusahaannya join venture dengan Taiwan tapi 70 persen Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau