Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wacana SUV Listrik Seres Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 26/07/2024, 08:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Dua sport utility vehicle (SUV) listrik Seres dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, yang berlangsung hingga 28 Juli 2024 di ICE, BSD, Tangerang Selatan.

SUV tersebut merupakan Seres 7 dan Seres 9 yang sekaligus mewakili kiprah merek Seres, menandai langkah elektrifikasi selanjutnya dari PT. Sokonindo untuk pasar Indonesia di masa depan.

Cing Hok Rifin, Director Sales Center PT Sokonindo Automobile mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan riset terhadap pasar Indonesia terkait waktu yang tepat untuk meluncurkan SUV listrik tersebut di Indonesia.

Baca juga: Lagi, Konsumen BYD Curhat BYD Dolphin yang Kotor dan Karat

“Di GIIAS ini kita lagi melakukan riset terlebih dahulu, yang paling penting di harga berapa yang bisa masuk di Indonesia. Karena produk seperti Seres 9 di China model ini sudah terjual 110.000 unit dan harus inden 6 bulan,” ucap Cing Hok Rifin, di ICE BSD, Tangerang, Kamis (25/7/2024).

Cing Hok Rifin melanjutkan, rencananya produk tersebut akan meluncur di Indonesia tahun depan. Namun, belum diputuskan model mana yang lebih dulu akan dijual apakah Seres 7 atau Seres 9.

“Riset itu kemudian kita kembangkan dan baru akan launching di tahun depan. Itu (model) belum bisa kita pastikan,” kata Cing Hok Rifin.

Seres 9 sudah sampai di Indonesia, begini tampilannyaKOMPAS.com/FATHAN Seres 9 sudah sampai di Indonesia, begini tampilannya

Sebagai informasi, Seres 9 hadir dengan desain SUV mewah yang futuritis, dilengkapi dengan desain lampu LED yang memanjang. Dimensinya cukup besar, memiliki panjang panjang 5.230 mm, lebar 1.999 mm, dan tinggi 1.800 mm dan jarak sumbu roda 3.110 mm.

Seres 9 dibekali dengan pelek ukuran ring 22 dibalut ban dengan profil 265/40 untuk depan dan 285/40 belakang.

Mobil ini dilengkapi dengan teknologi Al (Artificial Intelligence) dengan lebih dari 300 fitur cerdas dan canggih. Adapun untuk fitur unggulannya antara lain Intelligent Projector Headlight, Width Indicator, One Touch Open and Close Silent Electric Suction Door with Millimeter Wave Radar, Air Suspension Height Adjustment Range, Zero Gravity Seat, Privacy Shield dan masih banyak lagi.

Seres 9 Concept memiliki jarak tempuh hingga 630 Km (berdasarkan WLTC), dengan akselerasi 0-100 km per jam dapat ditempuh hanya dalam waktu 4,3 detik.

Baca juga: Merek Jepang Ramai-ramai Tutup Pabrik Mobil di Thailand

Versi EREV (Extended Range Electric Vehicle) memiliki internal combustion engine (ICE) yang berfungsi sebagai generator, sehingga menjadikan jarak tempuh kombinasinya sejauh 1.239 Km (berdasarkan metode pengukuran WLTP).

Sementara itu, Seres 7 merupakan model luxury SUV yang telah lebih dulu diperlihatkan di Indonesia beberapa saat yang lalu.

Seres 7Kompas.com/Nanda Seres 7

Berkapasitas 6 penumpang, Seres 7 memiliki dimensi panjang 5.020 mm, lebar 1.945 mm, dan tinggi 1.760 mm dengan jarak sumbu roda 2.820 mm.

Desain eksteriornya elegan dengan kabin interior yang nyaman dan mewah. Mobil ini juga sudah dilengkapi fitur keselamatan yang siap memberikan proteksi dan kenyamanan saat berkendara.

Tampilan eksterior dilengkapi dengan Panoramic Sunroof, Automatic Flush Door Handle.

Baca juga: Harga Mobil Mahal, Indonesia Harus Belajar dari Thailand

Seres 7 menggunakan EREV (Extended Range Electric Vehicle) yang memadukan internal combustion engine 1.500 cc turbo dengan baterai 40 kWh.

Dengan murni menggunakan baterai, SERES 7 bisa menempuh jarak 165 km (dengan metode pengukuran WLTP) sehingga menjadikan jarak tempuh kombinasinya sejauh menempuh jarak 1.050 km (dengan metode pengukuran WLTP).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau