Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Truk Canter Jadi Kendaraan VAR Liga Indonesia

Kompas.com - 23/07/2024, 18:11 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Pada ajang GIIAS 2024, Mitsubishi Fuso memamerkan sejumlah produk andalan, salah satunya  truk VAR Liga Indonesia Baru.

Sebelum sempat di pamerkan pada ajang ini, modifikasi truk  ini memang sempat jadi perbincangan di dunia olah raga. Namun masih banyak yang tidak tahu bahwa truk tesrebut ditopang oleh Mitsubishi Fuso Canter FE 84 G

Sudaryanto, General Manager of Business Communication PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors mengatakan, pihaknya sengaja memajang unit Truk VAR ini untuk menunjukan kepada publik bahwa unit Mitsubishi Fuso sangat mudah diterapakn untuk berbagai kebutuhan konsumen.

"VAR Truck ini adalah salah satu inovasi yang kami apresiasi di dunia sepak bola Indonesia,” katanya di GIIAS 2024, Senin (22/7/2024).

Baca juga: Suku Cadang Toyota yang Kerap Dicari Imitasinya

Sekedar informasi, VAR merupakan singkatan dari Video Assistant Referee (VAR) yang memiliki fungsi menayangkan rekaman video, untuk mengetahui benar atau salahnya pelanggaran dalam pertandingan sepak bola dan meninjau keputusan wasit di lapangan.

Truk VAR Liga IndonesiaKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Truk VAR Liga Indonesia

Sudaryanto juga mengatakan, biasanya VAR membutuhkan tempat khusus. Hanya saja terkadang ada beberapa stadion sepak bola yang tidak menyediakan tempat khusus untuk VAR.

"Kondisi itu yang kemudian membuat Persatuan Liga Indonesia Baru (LIB) membuat inovasi truk VAR ini Diharapkan Truk VAR bisa bergerak mobile untuk digunakan di berbagai stadion sepak bola yang memang tidak memiliki ruangan khusus untuk VAR," kata pria yang akrab disapa Toto tersebut. 

Baca juga: Honda Tak Pasang Target Khusus di GIIAS 2024

Truk VAR Liga IndonesiaKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Truk VAR Liga Indonesia

Secara spesifikasi, truk VAR milik LIB ini dibuat oleh karoseri Metalindo Teknik Utama (MTU). Kendaraan niaga kelas light duty truck ini memiliki kabin yang lebar sehingga menjadi salah satu poin penting dalam pembuatan truk VAR.

Sebab VAR membutuhkan ruang yang besar untuk alat-alat monitoring di dalamnya untuk memenuhi standar internasional.

Maka dari itu, ruangan yang ada di dalam truk sama seperti ruangan VAR yang ada di stadion sepak bola.

Masuk ke area dalam truk, terdapat enam unit layar monitor, komputer, server, tiga unit pendingin udara, dan generator berkapasitas besar.

Selain itu VAR Truck juga harus bisa mengakomodir ruangan yang nyaman bagi para wasit VAR yaitu VAR, AVAR (Assistant VAR), dan RO (Replay Operator).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau