Begini Sejarah Sirkuit Sentul yang Tahun Depan Bakal Ganti Nama

Kompas.com - 15/12/2021, 19:02 WIB
Ilustrasi One Make Race Honda Jazz di Sirkuit Sentul IstimewaIlustrasi One Make Race Honda Jazz di Sirkuit Sentul
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Nama Sirkuit Sentul kembali mencuat setelah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengeluarkan wacana untuk rencana renovasi dan revitalisasi Sirkuit Sentul di Bogor, Jawa Barat, pada 2022.

“Tahun depan, di sini akan rebound dan didesain ulang menjadi salah satu sirkuit terbaik dunia, West Java International Circuit,” ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dikutip dari Antara, Rabu (15/12/2021).

Rencana ini disambut baik oleh Tinton Soeprapto, Komisaris Sentul International Circuit. Menurutnya, renovasi sirkuit bakal dimulai tahun depan dan rencananya sudah bisa digunakan pada pertengahan 2022.

Baca juga: Mobil yang Pakai Pelat Dewa Minta Jalan Tanpa Dikawal, Enggak Usah Minggir

(Dari kiri ke kanan) Tinton Soeprapto, Ridwan Kamil, dan Bambang Soeastyo saat berencana untuk merenovasi Sirkuit Sentul pada Minggu (12/12/2021).Dok. Sentul International Circuit (Dari kiri ke kanan) Tinton Soeprapto, Ridwan Kamil, dan Bambang Soeastyo saat berencana untuk merenovasi Sirkuit Sentul pada Minggu (12/12/2021).

“Targetnya bulan Agustus 2022 sudah dapat pengakuan FIA dan FIM, balapannya tahun 2023. Kami bikin untuk Le Mans, ada Sean Gelael. Itu sudah (balap) internasional,” ucap Tinton, kepada Kompas.com (15/12/2021).

“Juga ada balapan GP3, yang dulu pernah ada di Macau. Terus ada TCR (Touring Car Race), waktu itu sudah ada kontrak dengan Hyundai. Bisa menyelenggarakan juga MXGP atau kejuaraan dunia motocross,” kata dia.

Untuk diketahui, dalam sejarahnya, Sentul International Circuit adalah sirkuit permanen untuk balapan sepeda motor dan mobil. Sirkuit ini terletak di Babakan Madang, Bogor, tak jauh dari Tol Jagorawi.

Baca juga: Catat, Pemutihan Pajak Kendaraan di DKI Berlaku sampai Akhir Tahun

Ilustrasi balap sepeda motor di Sirkuit Sentul, Bogor. KOMPAS.COM/Kristianto Purnomo Ilustrasi balap sepeda motor di Sirkuit Sentul, Bogor.

Pembangunannya dimulai pada 1990, dipimpin oleh putra Presiden RI saat itu, Soeharto, Hutomo Mandala Putra. Pada 1993, Sentul pun resmi dibuka oleh Soeharto.

Desain Sentul saat ini sebenarnya versi terpotong dari desain asli yang sempat direncanakan. Rangkaian saat ini, dipotong 40 persen dibandingkan dengan desain asli.

Sentul awalnya ditujukan untuk balapan sepeda motor dan F3 Seri Asia. Sentul terletak di Kabupaten Bogor, dengan kontur daerah berbukit dan sedikit lebih dingin dari kota tropis Jakarta.

Baca juga: Bukan HR-V, Honda Justru Luncurkan CR-V Serba Hitam

Ilustrasi mobil balap di Sirkuit Sentul pada ISSOM Round 4 (17/10/2021).KOMPAS.com/ARIS HARVENDA Ilustrasi mobil balap di Sirkuit Sentul pada ISSOM Round 4 (17/10/2021).

Namun, trek masih bisa sangat panas dan lembab di bawah sinar matahari langsung. Karakteristik ini menyulitkan para pebalap Eropa yang terbiasa dengan iklim dingin.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.