Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Teknologi DiSus System pada SUV BYD Yangwang U8

Kompas.com - 26/07/2024, 19:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, BYD memperkenalkan teknologi DiSus Intelligent Body Control System (DiSus System) yang tersemat pada unit Yangwang U8.

Sebagai informasi, DiSus merupakan system suspensi otomatis yang secara cerdas dapat menyesuaikan kondisi jalan. Inspirasi utama BYD dalam pengembangan DiSus System berasal dari sensasi berkendara yang ringan, stabil, dan tenang di segala medan.

“DiSus System mewakili langkah signifikan dalam teknologi kontrol bodi kendaraan. Selain meningkatkan pengalaman dalam berkendara, DiSus System juga membuat NEV lebih nyaman, lincah, aman dan tentunya memperkuat posisi BYD sebagai pemimpin dalam inovasi teknologi NEV,” ucap Eagle Zhao, President Director PT BYD Motor Indonesia.

Baca juga: Cara Perusahaan Ini Buktikan Komitmen Layanan Sewa Kendaraan

DiSus System meminimalisir tiga hal utama, yaitu body roll saat menikung, pitch pada kendaraan saat berjalan di jalan yang bergelombang, dan getaran yang diterima di kabin kendaraan saat melewati jalan yang tidak rata.

DiSus SystemBYD Indonesia DiSus System

Hal ini sangat bermanfaat khususnya ketika kendaraan sedang berada di tikungan dengan kecepatan tinggi, dan dalam situasi pengereman darurat.

Teknologi ini juga bisa meningkatkan pengendalian dan kelincahan kendaraan yang memudahkan pengemudi dan lebih percaya diri ketika melewati tikungan.

Selain keunggulan tersebut, DiSus System juga memiliki fungsi seperti menaikan suspensi, mengatur kekerasan suspensi, dan penyesuaian redaman serta camping levelling (perataan kabin saat mobil dalam keadaan menanjak).

Ini akan membuat perjalanan lebih nyaman karena suspensi aktif yang terintegrasi dengan sensor dan kamera untuk memantau keadaan jalan secara otomatis.

Tak hanya itu, DiSus System mendukung ADAS dan adaptasi dengan beberapa mode berkendara untuk mencapai ultimate comfort.

DiSus SystemBYD Indonesia DiSus System

Baca juga: Pilihan Dashcam Murah di GIIAS 2024, mulai Rp 799.000

Teknologi DiSus System menawarkan berbagai mode, termasuk mode comfort dan mode sport.

Saat mengaktifkan mode comfort, terjadi penyesuaian suspensi untuk memberikan kenyamanan maksimal di dalam kabin. Sementara itu, dalam mode sport, suspensi meningkatkan handling yang menambah adrenalin saat berkendara dengan kecepatan tinggi.

Sensor dan kamera pada DiSus System mengetahui medan, rintangan serta melihat keadaan jalan sejauh 150m melalui akurasi deteksi kurang lebih 3 mm dari setiap sisi bodi mobil, sekaligus memberikan reaksi akurat hingga lebih kurang 99 persen.

Kontrol DiSus System juga semakin mudah dengan akses ke berbagai device seperti smartphone, PAD/head unit dan voice intelligent.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau