Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Bogor Siapkan 10 Posko Pemeriksaan Ganjil Genap Jelang Nataru

Kompas.com - 12/12/2021, 09:41 WIB
Arif Nugrahadi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Daerah untuk mengurangi persebaran virus covid-19 menjelang libur natal dan tahun baru 2022, tidak terkecuali Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Seperti yang dilakukan Satlantas Polres Bogor yang telah menyipakan 10 titik posko pemeriksaan ganjil genap dan protokol kesehatan di jalan menuju kawasan wisata Puncak Bogor.

Baca juga: Mana Lebih Nyaman, Toyota All New Avanza atau All New Veloz?

Selain pos-pos pemeriksaan, Polres Bogor juga akan memberlakukan sistem ganjil genap dan melakukan pemeriksaan surat hasil swab antigen atau PCR. Check point itu mulai diujicobakan petugas mulai 20 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata mengatakan, nantinya di kawasan Puncak Bogor akan berlaku ganjil genap dan juga pemeriksan swab antigen dan PCR.

Setiap akhir pekan di masa PPKM level 2 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, petugas memberlakukan sistem ganjil genap di jalur Puncak.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Setiap akhir pekan di masa PPKM level 2 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, petugas memberlakukan sistem ganjil genap di jalur Puncak.

“Kemarin sudah ada formula dan keputusan nanti di Puncak dan sekitarnya akan berlaku ganjil genap dan pemeriksaan swab antigen dan PCR,” kata Dicky dalam keterangan resmi, Sabtu (11/12/2021).

Hal itu sesuai dengan keputusan dari pertemuan lima Kapolres di wilayah Puncak Raya juga dengan kebijakan Menteri dalam negeri nomor 63, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia serta kebijakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Bahwasanya, di beberapa ruas tol salah satunya Tol Bogor sampai Cigombong (Bocimi) itu akan belaku ganjil genap.

Baca juga: Calon MPV Baru Toyota Siap Meluncur Bulan Depan

“Karena itu akan ada penambahan dua pos lagi, saat ini sudah ada delapan pos menjadi 10 pos,” ucapnya.

Lokasi pos pengamanan masih sama dengan check point ganjil genap yang telah diberlakukan sebelumnya. Beberapa titik pos tersebut antara lain dua titik di kawasan Sentul dan enam titik menuju Puncak. Hanya saja ditambah dua titik lagi di Caringin dan Cigombong.

Petugas gabungan menerapkan ganjil genap di depan Gerbang Tol Pasteur Bandung, Jumat (17/9/2021). Sebanyak 640 kendaraan diputarbalikkan lantaran tak sesuai dengan nomor ganjil genap hari ini.KOMPAS.com/AGIE PERMADI Petugas gabungan menerapkan ganjil genap di depan Gerbang Tol Pasteur Bandung, Jumat (17/9/2021). Sebanyak 640 kendaraan diputarbalikkan lantaran tak sesuai dengan nomor ganjil genap hari ini.

“Kendaraan tidak sesuai kita putar balik ke daerah asal. Kalau pemeriksaan PeduliLindungi bukan di kita, tapi tempat tujuan restoran atau wisata,” kata Dicky.

Baca juga: Xenia Hilang dari Daftar Calon Penerima Diskon PPnBM Permanen, Ini Kata Daihatsu

Tidak hanya pemeriksaan ganjil genap kendaraan dan hasil swab antigen atau PCR, posko-posko itu juga akan melayani vaksinasi covid-19. Sehingga, bagi masyarakat atau pegendara yang belum divaksin bisa memanfaatkan layanan tersebut secara gratis.

“Di situ (posko) ada pelayanan dan pemeriksaan. Jadi onestop service semua diperiksa dan ada pelayanan juga. Vaksin juga ada,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com