Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Kutai Barat

Kompas.com - 25/07/2024, 10:04 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KUTAI BARAT, KOMPAS.com - Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) melaksanakan penandatanganan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur dalam Program Bantuan Pendidikan Untuk Sekolah di sana pada, Selasa (23/7/2024).

Kerja sama ini berupa pembinaan di sembilan sekolah sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pendidikan sehingga berstatus mandiri dan unggul.

Program ini merupakan kerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pendidikan setempat, para guru, komite sekolah, dan orang tua siswa.

“Semoga dengan ditandatanganinya kerja sama ini memperkuat komitmen Pemerintah Kabupaten Kutai Barat dan YPA-MDR di bidang pendidikan,” ucap Bupati Kabupaten Kutai Barat, Fransiskus Xavierus Yapan.

Baca juga: Harga Naik, Xenia ADS Siap Dikirim Awal September 2024


YPA-MDR menerapkan program pembinaan dengan sistem Sekolah Eskalator berjangka 12 tahun, dimana para siswa binaan di tingkat SD dapat melanjutkan pendidikan jenjang SMP di sekolah binaan

Pada sekolah binaan ini telah mendukung kurikulum sesuai dengan standar terbaru yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Selain itu, ini dilakukan dengan meningkatkan kualitas pendidikan melalui pemberian fasilitas, sumber daya, program-program yang bertujuan menyadarkan pentingnya pendidikan,

Serta, mengoptimalkan kompetensi para guru serta staf pendidikan melalui pelatihan, lengkap pendampingan intensif untuk mencapai Sekolah Independen Unggul berwawasan global.

Baca juga: Kapan Mobil Power Bank Raksasa Isuzu Beroperasi?

“YPA-MDR melebarkan sayap untuk menaungi baik tenaga maupun peserta didik untuk mencapai standar mutu pendidikan yang berlaku sehingga menorehkan prestasi baik secara akademik maupun non-akademik,” kata Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim.

Melalui kerja sama ini, YPA-MDR akan membina 24 sekolah di Provinsi Kalimantan Timur yang terdiri dari 6 sekolah di Kecamatan Damai, 3 sekolah di Kecamatan Bentian Besar, dan 15 sekolah di Kecamatan Sepaku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau