Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Baterai All New Hyundai Kona Electric yang Dibuat Lokal

Kompas.com - 22/07/2024, 09:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


TANGERANG, KOMPAS.com - All New Hyundai Kona Electric diproduksi di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat. Mobil listrik terbaru pabrikan Korea Selatan ini juga memakai baterai buatan lokal.

Sel baterai Kona Electric dibuat di pabrik PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power, kerjasama antara Hyundai Motor dengan LG Energy Solutions di Karawang New Industry City (KNIC), Jawa Barat.

Bisa dibilang Kona Electric merupakan mobil listrik pertama yang hampir seluruh produksinya dibuat secara lokal termasuk bagian-bagian baterai.

PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) memulai produksi mobil listrik All New Kona Electric di pabrik Cikarang, Kabupetan Bekasi, Jawa Barat. 
KOMPAS.com/Gilang PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) memulai produksi mobil listrik All New Kona Electric di pabrik Cikarang, Kabupetan Bekasi, Jawa Barat.

Manager Research & Development Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) Anton Khristanto mengatakan, pada dasarnya tidak ada perbedaan spesifikasi baterai Kona Electric yang dibuat di Indonesia dan luar negeri.

“Jadi sebenarnya baterai yang diproduksi global ialah spek global jadi yang dibuat di sini kami buat pakai spek global. Tidak ada penyesuaian apapun,” ujar Anton di Cikarang, belum lama ini.

Satu-satunya perbedaan kata Anton ialah mengenai kapasitas baterai. Sebab tiap negara mungkin butuh spesifikasi kapasitas baterai yang berbeda, bisa lebih besar atau kecil.

“Secara keselamatan juga sama, penyesuaian hanya untuk kapasitas baterai sebab tiap negara beda-beda ada yang ingin kapasitas sekian-sekian, jadi hanya itu saja yang kami sesuaikan,” ujarnya.

PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) memulai produksi mobil listrik All New Kona Electric di pabrik Cikarang, Kabupetan Bekasi, Jawa Barat. KOMPAS.com/Gilang PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) memulai produksi mobil listrik All New Kona Electric di pabrik Cikarang, Kabupetan Bekasi, Jawa Barat.

Untuk diketahui, All New Kona Electric menggunakan dua baterai berkapasitas berbeda pada Kona Electric sesuai kebutuhan. Varian terendah, memakai baterai 48,9 kWh dengan jarak tempuh lebih dari 400 Km dengan output 114,6 kW.

Sementara itu, dua varian di atasnya memakai baterai berkapasitas 66 kWh yang mampu menempuh hingga 600 Km dalam sekali pengisian dengan keluaran daya 160 kW.

Walau mengusung dua versi motor penggerak dengan output daya berbeda, seluruh varian mampu menghasilkan torsi sebesar 255 Nm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau