Xenia Hilang dari Daftar Calon Penerima Diskon PPnBM Permanen, Ini Kata Daihatsu

Kompas.com - 11/12/2021, 15:42 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil baru yang saat ini sedang berlaku diusulkan oleh Kementerian Peridunstrian (Kemenperin) agar menjadi permanen mulai tahun depan.

Meski begitu, ada hal utama yang harus dipenuhi oleh merek otomotif agar bisa mendapatkan insentif ini.

Kemenperin mensyaratkan mobil-mobil penerima diskon PPnBM pada tahun depan harus memiliki kandungan lokal atau local purchase minimal 80 persen.

Baca juga: Aki Mobil Model Basah atau MF, Mana yang Lebih Awet?

Daihatsu Terios Eco IdleKOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu Terios Eco Idle

Melansir Keputusan Menteri Perindustrian No. 1737 Tahun 2021 tentang kendaraan PPnBM Ditanggung Pemerintah (DTP), pada Sabtu (11/12/2021), tercatat ada 36 mobil yang bisa menikmati insentif tersebut.

Mobil-mobil ini terpilih karena memiliki local purchase minimal 60 persen. Jikalau syarat local purchase nantinya jadi dinaikkan menjadi 80 persen, mobil-mobil penerima diskon PPnBM berkurang menjadi 11 model saja.

Dan menariknya, Daihatsu Xenia harus terlempar dari daftar calon penerima diskon PPnBM permanen.

Karena berdasarkan Keputusan Menteri Perindustrian No 1737/2021, local purchase Xenia hanya mencapai 79,2 persen.

Baca juga: Begini Aturan Perjalanan pada Inmendagri Terbaru buat Libur Nataru

Daihatsu Sigra di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.KOMPAS.com/Gilang Daihatsu Sigra di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Dari salinan Keputusan Menteri Perindustrian tersebut, praktis hanya Ayla (85 persen) dan Sigra (85 persen) saja yang berpotensi mendapatkan insentif PPnBM permanen pada tahun depan. Namun demikian, Daihatsu optimistis masih bisa mendapat relaksasi tersebut.

“Kan disurvei oleh Surveyor Indonesia. Yang [Xenia] baru belum disurvei, tapi mirip-mirip lah,” ujar Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, kepada Kompas.com (11/12/2021).

Menurut Amelia, pihaknya berterima kasih kepada pemerintah mengenai rencana perpanjangan diskon PPnBM pada tahun depan.

Baca juga: Dikira Lupa, Toprak Razgatlioglu Tegur Bos Yamaha Indonesia

Ilustrasi produksi mobil di pabrik Daihatsu.KOMPAS.com / FEBRI ARDANI Ilustrasi produksi mobil di pabrik Daihatsu.

“Daihatsu akan berusaha maksimal untuk mendapatkan program tersebut,” ucap Amelia.

Ia menambahkan, produk-produk Daihatsu saat ini kebanyakan sudah mendapatkan insentif PPnBM yang diberikan pemerintah. Khususnya pada aturan local purchase minimal 60 persen.

“Dari 7 varian, saat ini 5 varian dapat diskon PPnBM. 2 varian pick up sudah 0 persen PPnBM-nya, dan Sirion karena CBU dari Malaysia tidak dapat diskon PPnBM,” kata Amelia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.