Mobil Tertimpa Pohon di Jakarta Barat Akibat Hujan Deras dan Angin Kencang

Kompas.com - 11/12/2021, 20:37 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa wilayah di DKI Jakarta hari ini, Sabtu (11/12/2021) dilanda hujan dengan intesitas sedang hingga lebat.

Tak hanya hujan deras, petir dan angin kencang pun turut menyertai, hingga membuat beberapa pohon tumbang.

Seperti yang terjadi di Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Dalam unggahan akun twitter @TMCPoldaMetro, tepantau hujan deras yang disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang dan menimpa Toyota Fortuner berkelir hitam.

“17.36 imbas pohon tumbang yang menimpa mobil di Jl. Panjang sebrang Rumah Sakit (RS) Permata Hijau, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, lalu lintas terpantau padat,” tulis cuitan tersebut.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, ada beberapa cara untuk menghindari risiko-risiko merugikan dari fenomena alam seperti pohon tumbang.

“Zaman sekarang sudah modern, kita bisa memantau kondisi dan cuaca dari smartphone. Bila memang situasinya dikabarkan akan ada potensi angin kencang, lebih baik tunda perjalanan tersebut. Ini kita bicara dari sisi safety, artinya lebih ke pencegahan,” ujar Jusri kepada Kompas.com belum lama ini.

Kondisi tersebut berlaku baik bagi pengguna motor dan mobil. Meski secara tingkat fatalitas lebih berpotensi ke pemotor, namun bukan berarti pengguna mobil juga terjamin keselamatannya.

Jusri melanjutkan, apabila berurusan dengan objek yang terjatuh dan tak terduga, bisa saja bukan hanya pohon, tetapi tiang listrik ataupun billboard yang terpasang di pinggir jalan.

“Salah satu lokasi yang sebaiknya dihindari oleh pemilik kendaraan saat hendak parkir adalah di bawah pohon besar. Hal ini karena pohon-pohon besar biasanya rawan tumbang. Terutama jika terjadi hujan yang disertai angin kencang,” kata dia.

Suasana ketika mobil yang tertindih pohon tumbang akibat angin kencang di halaman parkir RSUP NTBDok warga Suasana ketika mobil yang tertindih pohon tumbang akibat angin kencang di halaman parkir RSUP NTB

Lantas, apakah mobil yang tertimpa pohon bisa ditanggung oleh pihak asuransi?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.