Kompas.com - 12/12/2021, 08:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat memelihara atau memiliki banyak kucing di sekitar rumah, bisa menjadi masalah sendiri bagi para pemilik kendaraan roda dua.

Pasalnya, tak jarang motor yang parkir justru jadi tempat cakaran kucing. Alhasil, jika sudah seperti itu bisa membuat jok baret bahkan sobek.

Dokter Hewan Adi Nugraha mengatakan, ada beberapa alasan di balik kebiasaan kucing mencakar barang-barang di sekitarnya, termasuk jok motor.

Baca juga: Mobil Tertimpa Pohon di Jakarta Barat Akibat Hujan Deras dan Angin Kencang

“Pertama untuk mengasah atau seperti mengikir kukunya. Kemudian bisa juga sebagai pertanda daerah kekuasaan yang kadang disertai kencing untuk yang jantan,” ucap Adi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (11/12/2021).

Adi melanjutkan, mencakar juga merupakan bentuk latihan seluruh tubuh saat kucing meregangkan otot dari kaki hingga ke punggung.

“Bisa jadi sebagai perenggangan badannya, karena kucing suka tidur dalam waktu lama,” katanya.

Jok Motor Relaxseat Modification Foto: Istimewa Jok Motor Relaxseat Modification

Meski demikian, Adi mengatakan, ada cara mudah yang bisa dilakukan pemilik kendaraan agar jok motor tidak menjadi sasaran cakaran kucing.

“Pemilik kendaraan bisa mengoleskan lotion ke jok motor, sebab kucing tidak menyukai baunya dan terasa licin, atau bisa dengan memasang cover jok,” kata Adi.

Baca juga: Tim Satelit Yamaha Siapkan Anggaran Rp 211 Miliar untuk 1 Musim

Sementara itu, Andry Herdiyana, pemilik bengkel modifikasi jok motor kustom, Relaxseat Modification, mengatakan, agar jok motor lebih awet ketika jadi tempat cakaran kucing sebaiknya pemilik kendaraan memasang cover jok dengan bahan yang waterproof.

“Selain dapat melindungi dari percikan air hujan, juga bisa menutupi supaya terlindungi jok motornya,” kata Andry.

Andry juga menyarankan, tak ada salahnya pemilik motor merawat jok berbahan kulit dengan memberikan lotion agar tidak muda pecah. Ini berlaku baik untuk kulit sintestis atau kulit asli.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.