Mana Lebih Nyaman, Toyota All New Avanza atau All New Veloz?

Kompas.com - 11/12/2021, 12:42 WIB
Test drive Toyota All New Avanza dan Veloz di Bali, 7-9 November 2021 toyotaTest drive Toyota All New Avanza dan Veloz di Bali, 7-9 November 2021

Bali, KOMPAS.com - Toyota All New Avanza dan All New Veloz merupakan species yang berbeda. Toyota membedakan keduanya dengan identitas eksterior dan interior yang cukup jelas.

Kendati demikian, kedua MPV sejuta umat ini dibangun dari platform yang sama. Baik struktur sasis maupun sistem kaki-kaki.

Baca juga: Tes Menanjak Toyota All New Avanza FWD

Namun setelah awak redaksi melakukan uji coba di Pulau Dewata, 7-9 Desember 2021 lalu, ternyata ditemukan adanya perbedaan dalam hal kenyamanan terutama pada kinerja suspensi.

Test suspensi Toyota All New Avanza dan Veloz di Bali, 7-9 November 2021toyota Test suspensi Toyota All New Avanza dan Veloz di Bali, 7-9 November 2021

Tipe suspensi sama-sama menggunakan macpherson strut untuk depan dan torsion beam di belakang. Namun pada kenyataannya antara Avanza dan Veloz punya karakter berbeda ketika digunakan.

Baca juga: Rem Belakang Veloz Sudah Cakram, Mengapa Avanza Masih Tromol?

Pengujian dilakukan di beragam jenis karakter jalan mulai dari kontur bergelombang, aspal rusak berlubang, hingga manuver di tikungan. Saat tes mobil diisi 4 orang dengan total berat sekitar 320 kg.

Siapa lebih nyaman?

Avanza memiliki karakter ayunan suspensi yang lebih rigid dibanding Veloz. Bahkan jika dibandingkan versi sebelumnya ayunan suspensi Avanza terasa adanya perbaikan dan lebih nyaman.

Toyota All New Avanza 2021toyota Toyota All New Avanza 2021

Berbeda dengan Veloz yang menyajikan ayunan suspensi yang lebih halus dari Avanza. Hal tersebut ternyata juga sedikit menimbulkan rasa limbung saat melintas di jalan bergelombang.

Sebuah pertanyaan besar, dengan sistem suspensi yang sama, kenapa antara Avanza dan Veloz punya karakter ayunan yang berbeda. Setelah ditelisik, ternyata keduanya menggunakan shock absorber dan per dengan part number yang berbeda.

Jalan rusak

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.