Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Marquez Sebut Honda Sangat Tergantung pada Kakaknya

Kompas.com - 11/12/2021, 18:19 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez kembali harus beristirahat total, karena dampak dari cedera yang dialaminya. Adiknya, Alex Marquez, menyebutkan bahwa Honda sangat tergantung pada pebalap bernomor start 93 tersebut.

Buktinya dapat dilihat pada hasil yang diraih Honda pada musim 2020 dan 2021. Ketika Marquez terpaksa absen karena mengalami patah tulang lengan kanan, Honda sama sekali tidak meraih kemenangan di 2020.

Honda hanya mendapatkan dua kali podium berkat Alex yang finis di posisi kedua. Pada musim 2021, Marc berhasil kembali, meskipun kondisinya belum seratus persen.

Baca juga: Manajer Tim Repsol Honda Mulai Khawatir dengan Kondisi Marc Marquez

Tapi, pengembangan RC213V musim ini seperti kehilangan arah tanpa adanya Marc. Musim ini, Honda hanya mampu meraih lima podium dengan tiga kemenangan di antaranya.

Marc MarquezFoto: Twitter Marc Marquez Marc Marquez

"Ketidakhadiran Marc menyebabkan kemunduran pada pengembangan semua motor. Saya ingin memilikinya karena itu pengin bagi saya dan semua orang," ujar Alex, dikutip dari Tuttomotoriweb.it, Sabtu (11/12/2021).

Alex menambahkan, dengan adanya Marc, baik musim lalu maupun musim ini, dirinya bisa belajar banyak untuk bisa tampil lebih kompetitif.

Baca juga: Disebut Gelarnya Kurang karena Marquez Tak Fit, Ini Kata Quartararo

"Tidak dapat dihindari bahwa semua orang di Honda berada dalam kondisi buruk setelah kecelakaan di Jerez, karena pebalap yang jadi referensi menghilang," kata Alex.

Marc Marquez Foto: Repsol Honda Marc Marquez

Menurutnya, setelah Marc kembali, Honda baru menyadari bahwa pengembangan motor yang dilakukan belum berada di jalur yang tepat.

Sekarang, Marc harus absen lagi karena cedera pada kepalanya yang mengakibatkan gangguan pada pandangannya. Marc bahkan diprediksi kembali absen pada sesi tes pra-musim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com