Intip Fitur dan Spesifikasi Honda Pop 110i yang Punya Desain Unik

Kompas.com - 10/08/2021, 15:01 WIB
Honda Pop 110i Dok. HondaHonda Pop 110i

JAKARTA, KOMPAS.com - Selera konsumen di tiap negara bisa berbeda-beda. Maka itu, ada sepeda motor yang khusus hanya dipasarkan di negara tertentu saja.

Beberapa negara memiliki selera yang unik dan itu dapat dilihat dari motor yang dipasarkan. Contohnya, Honda Pop 110i yang dipasarkan di Brazil.

Baca juga: 5 Motor Bebek Honda yang Dibuat Khusus buat Pak Pos dan Loper Koran

Dari konsep yang diusung, nampaknya Pop 110i menggunakan konsep dual purpose. Terlihat dari kaki-kakinya, pelek depan dan pelek belakang memiliki diameter yang berbeda.

Honda Pop 110iDok. Honda Honda Pop 110i

Ban yang digunakan juga semi off road. Selain itu, jarak main suspensi depan dan suspensi belakang juga terlihat jauh. Cocok untuk berkendara di medan off road.

Tapi, dapur pacunya mengandalkan mesin horizontal atau mesin tidur, seperti yang digunakan motor bebek pada umumnya. Knalpot juga tetap dibiarkan berada di bawah, tidak di atas seperti motor trail.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Cerita Motor Bebek Honda yang Diproduksi Hingga 100 Juta Unit

Dapur pacunya menggunakan mesin OHC, satu silinder, 4-tak, berpendingin udara. Kapasitas mesinnya hanya 109.1 cc. Mesinnya dikombinasikan dengan sistem transmisi 4-percepatan.

Honda Pop 110iDok. Honda Honda Pop 110i

Tenaga yang dihasilkan mencapai 7,9 tk pada 7.250 rpm dan torsinya hingga 8,8 Nm pada 5.000 rpm. Sistem pembakarannya sudah mengadopsi teknologi injeksi.

Panel instrumennya masih analog. Kunci kontaknya juga tidak memiliki sistem pengaman atau penutup magnetis. Kunci setangnya seperti motor jadul, kuncinya terpisah dan berada di bawah komstir.

Pada sistem pengereman, baik rem depan maupun rem belakang, masih mengandalkan rem tromol. Namun, sistem pengeremannya sudah Combi Brake System (CBS).

Honda Pop 110iDok. Honda Honda Pop 110i

Keunikan yang paling jelas terlihat adalah desain bodinya. Sekilas, bagian depannya jadi seperti Suzuki Katana. Lampu depannya masih mengandalkan lampu bohlam biasa.

Pada bagian setang, alih-alih menggunakan setang lebar seperti motor trail, Pop 110i ini menggunakan setang yang cukup tinggi. Meski terlihat sedikit aneh, tapi posisi berkendaranya sepertinya cukup ergonomis.

Di Brazil, Honda Pop 110i ini dibanderol hanya 7.330 real Brazil atau sekitar Rp 20,1 jutaan. Sedikit lebih mahal dibanding skuter matik (skutik) 125 cc yang dipasarkan di Indonesia yang memiliki fitur lebih unggul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.