5 Motor Bebek Honda yang Dibuat Khusus buat Pak Pos dan Loper Koran

Kompas.com - 08/08/2021, 07:01 WIB
5 Motor Bebek Honda yang Dibuat Khusus Pak Pos dan Loper Koran Dok. Global.honda5 Motor Bebek Honda yang Dibuat Khusus Pak Pos dan Loper Koran

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda dikenal memiliki model motor bebek yang sangat beragam. Dari sekian banyak model tersebut, ada beberapa yang dibuat khusus untuk tukang pos atau pengantar surat dan loper koran.

Pertama kalinya Honda memproduksi motor bebek, yakni pada 1958 dengan Super Cub C100. Motor tersebut terus berevolusi dengan Honda mencoba untuk memenuhi semua kebutuhan konsumen.

Baca juga: Sejarah Evolusi Honda Super Cub di Dunia

Salah satunya adalah kebutuhan untuk mengantarkan surat dan koran. Sejak awal dibuat, motor bebek Honda memang memiliki konsep untuk digunakan mengantar sesuatu.

Cerita Perjalanan Honda Super Cub yang Terjual Hingga 100 Juta UnitDok. Honda.co.uk Cerita Perjalanan Honda Super Cub yang Terjual Hingga 100 Juta Unit

Maka itu, sistem koplingnya menggunakan model sentrifugal otomatis. Jadi, pengendara bisa memindahkan persneling dengan kaki kiri, tanpa perlu menarik tuas kopling. Sehingga, tangan kiri bisa digunakan untuk membawa sesuatu.

Dikutip dari Global.honda.com, Kamis (5/8/2021), ide tersebut datang dari sang pendiri, Soichiro Honda, yang memiliki ide untuk membuat motor yang bisa membantu pedagang bakmi di Jepang untuk mengantarkan makanannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Cerita Motor Bebek Honda yang Diproduksi Hingga 100 Juta Unit

Berikut ini deretan motor bebek Honda yang sengaja dibuat untuk "Pak Pos" dan loper koran:

1. C90M News Cub 1971


Pertama kali ditampilkan sebagai model konsep di All-Japan Motor Show 1961 (Tokyo Motor Show), C100 Super Cub dilengkapi dengan keranjang silinder yang dipasang di bagian depan, belakang, dan sampingnya yang cukup besar untuk menampung 50 koran atau lebih.

Kemudian, dengan latar belakang pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan perluasan volume dan cakupan pengiriman yang cepat, Super Cub khusus dirilis sebagai tanggapan atas permintaan dari Asosiasi Surat Kabar Jepang dan Komite Penghematan Tenaga Kerja Pengiriman Surat Kabar dengan tujuan untuk mengurangi tenaga kerja dan meningkatkan efisiensi dari pekerjaan pengiriman surat kabar.

5 Motor Bebek Honda yang Dibuat Khusus Pak Pos dan Loper KoranDok. Global.honda 5 Motor Bebek Honda yang Dibuat Khusus Pak Pos dan Loper Koran

Diluncurkan pada 1971, News Cub dilengkapi dengan tas kanvas yang ditempatkan pada sisi kanan dan kiri bagian belakang motor, serta di atas sepatbor depan. Dengan begitu, motor ini bisa membawa hingga 350 koran.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.