Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Gratis, Ini Daftar SPKLU Pertamina di Jakarta dan Sekitarnya

Kompas.com - 10/08/2021, 14:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pertamina ikut mengambil kesempatan dengan bergerak menyiapkan infrastruktur hilir untuk memenuhi transisi kebutuhan energi menuju era kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB), yakni Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Alfian Nasution, mengatakan langkah ini dilakukan guna mendukung Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019.

“Pertamina Patra Niaga di sisi hilir sejak 2020 terus mengembangkan infrastruktur pendukung ekosistem kendaraan listrik yakni SPKLU, bekerja sama dengan beberapa partner strategis,” ujar Alfian, dalam keterangan resmi (9/8/2021).

Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan 5 Tahunan tapi Kendaraan di Luar Daerah, Ini Solusinya

Pertamina resmikan SPKLU komersial pertamanya di FatmawatiPertamina Pertamina resmikan SPKLU komersial pertamanya di Fatmawati

Pengguna kendaraan listrik bisa datang langsung ke lokasi tersebut dan dapat melakukan pengisian, waktu pengisian dengan SPKLU Fast Charging ini berkisar antara 30 menit hingga 1 jam.

Secara bersamaan, saat ini Pertamina juga sedang mengembangkan menu SPKLU di aplikasi MyPertamina sebagai layanan untuk mempermudah pengguna kendaraan listrik menggunakan SPKLU Pertamina.

“Salah satu yang sedang kami siapkan saat ini juga adalah Battery Swapping Station (BSS) atau Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU),” ucap Alfian.

Baca juga: Toyota Veloz GR Resmi Meluncur, Simak Harga Veloz Bekasnya

Ilustrasi mobil BEV dan PHEV yang sedang diisi ulang dayanya di SPKLU milik PertaminaPertamina Ilustrasi mobil BEV dan PHEV yang sedang diisi ulang dayanya di SPKLU milik Pertamina

“Ke depan, seluruh SPBU Pertamina juga akan terintegrasi dan lebih ramah lingkungan, atau disebut dengan green energy station,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, menyatakan bahwa transisi energi ini merupakan sebuah keniscayaan.

Nicke berterima kasih atas seluruh dukungan partner strategis serta pemerintah terhadap upaya Pertamina dalam menyiapkan infrastruktur hilir energi terbarukan di Indonesia

“Target kami di sisi hilir ada 250-300 green energy station yang siap melayani masyarakat di tahun ini,” kata Nicke.

Baca juga: Lebih Canggih dan Sporty, Bedah Ubahan pada Toyota Fortuner GR Sport

Ilustrasi SPKLUKOMPAS.com/Ruly Ilustrasi SPKLU

Berikut ini daftar SPKLU Pertamina di Jakarta dan sekitarnya:

- SPBU COCO Fatmawati
- SPBU COCO MT Haryono
- SPBU COCO Lenteng Agung
- SPBU COCO Kuningan
- SPBU Area Bandara Soekarno Hatta
- Puspiptek BPPT Serpong, Tangerang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com