Meski Terhambat PPKM, Penjualan Honda Tunjukkan Tren Positif

Kompas.com - 10/08/2021, 13:02 WIB
Honda CR-V facelift 1.5L Turbo Prestige KOMPAS.COM/STANLY RAVELHonda CR-V facelift 1.5L Turbo Prestige

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) mengklaim adanya kebijakan diskon PPnBM dari pemerintah, sejauh ini memberikan dampak positif dari sisi penjualan. Terlebih dengan adanya perpanjangan untuk diskon 0 persen sampai akhir Agustus ini.

"Wholesales 9.030 unit meningkat kira-kira 2,9 persen, tapi kalau kita bicara ritel, dari diler ke konsumen itu sebesar 8.234 unit naik 8,7 persen dari bulan lalu," ujar Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM, dalam konferensi pers virtual, Senin (9/8/2021).

"Jadi terima kasih sekali kepada pemerintah karena PPnBM diperpanjang sampai akhir Agustus ini," kata dia.

Baca juga: Honda Kasih Sinyal Peluncuran N7X, Ada Kejutan meski GIIAS Diundur

Lebih lanjut Billy menjelaskan, adanya perpanjangan PPnBM yang berbarengan dengan penerapan PPKM, pastinya sudah dipertimbangkan pemerintah dalam upaya menekan penyebaran Covid-19 dan pertumbuhan ekonomi yang harus berjalan. Dengan demikian, penetrasi pasar tidak terlalu anjlok.

Honda Brio Satya IIMS Hybrid 2021KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Brio Satya IIMS Hybrid 2021

Tapi Billy juga tak menampik bila imbas PPKM memberikan dampak negatif dari sisi pemesanan kendaraan yang turun. Namun hal tersebut masih bisa tertutup lantaran adanya back order berupa inden dari beberapa model di daerah.

"Jadi kami fokus untuk bisa delivery ke konsumen secepatnya, sekarang kami fokus pada back order yang sudah ada ke konsumen yang membutuhkan. Penurunan karena PPKM kalau dibandingkan pemesanan di Juni, pada Juli lebih rendah sampai 20 persen, karena PPKM pertama diumukan di awal Juli," kata Billy.

Baca juga: Resmi, Toyota Luncurkan Avanza Veloz GR Sport dan 4 Model Lainnya

Sebelumnya, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat kenaikan penjualan wholeslaes semestar 1 2021 sebesar 393.469 unit. Jumlah tersebut tumbuh 50,79 persen dibanding periode yang sama pada 2020.

Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Pada Juni 2021, wholesales melonjak tinggi dengan kenaikan 32,66 persen, dari sebelumnya 54.815 unit menjadi 72.720 unit. Namun hal tersebut tidak sebanding dengan pencapaian ritel yang hanya naik 2,5 persen pada Juni lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.