Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Motor Bebek Legendaris yang Harganya Tembus Puluhan Juta Rupiah

Kompas.com - 23/04/2024, 07:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar sepeda motor bebek kian tergerus skutik. Meski demikian bukan berarti motor bebek kehilangan pesona. Buktinya untuk beberapa model harga motor ini justru melejit.

Salah satu motor bebek yang harganya kini selangit ialah Yamaha 125Z. Motor yang tidak diproduksi oleh Yamaha Indonesia, melainkan impor dari Malaysia sekitar 2005.

Baca juga: Aleix Espargaro Sebut Peran Penting Pebalap Tes

Yamaha 125Z diproduksi di Malaysia sejak 1998. Motor ini mahal sebab populasinya hanya sedikit di Indonesia. Kemudian sebagai motor bebek 2-tak bermesin tegak, performa motor ini mampu menyaingi motor "batangan."

Yamaha 125z hasil restorasi Tian NKistimewa Yamaha 125z hasil restorasi Tian NK

Sejak beberapa tahun lalu harga Yamaha 125Z melambung drastis. Apalagi jika unitnya istimewa yaitu seluruh part motor masih orisinil tanpa modifikasi atau ubahan, serta odometer masih kecil.

Marwan, pemilik showroom motor tua Marwan Motor di bilangan Sukoharjo, untuk kondisi normal harga Yamaha 125Z saat ini berkisar Rp 65 juta sampai Rp Rp 90 jutaan.

"125Z harganya gila-gilaan, bisa sampai Rp 60 jutaan hingga Rp 80 jutaan. Apalagi untuk yang varian warna kuning," ungkap Marwan kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tarif Tol Gempol-Pandaan Naik Mulai 27 April

Di Malaysia ada seorang yang menjual motornya Yamaha 125Z buka harga 90.000 ringgit atau setara Rp 306 juta.Foto: Bikesrepublic Di Malaysia ada seorang yang menjual motornya Yamaha 125Z buka harga 90.000 ringgit atau setara Rp 306 juta.

Harga 125Z yang mencapai puluhan juta tersebut berlaku untuk unit tanpa modifikasi dengan dokumen surat-surat yang lengkap.

Jika menilik dari situs jual beli daring, rata-rata Yamaha 125Z memang dibanderol kisaran harga Rp 65 juta hingga Rp 90 juta.

Menariknya, tingginya harga Yamaha 125Z bukan hanya terjadi di Indonesia tapi juga Malaysia. Bahkan di Malaysia yang notabene populasinya lebih banyak harganya bisa tembus ratusan juta.

Baca juga: Hasil Buruk Honda Sejak Awal 2024, Zarco Masih Optimistis

Yamaha 125Z Yamaha 125Z

Di Malaysia Yamaha 125Z bisa jadi barang investasi. Terbukti pada 2021 ada seorang yang menjual motornya buka harga 90.000 ringgit atau setara Rp 306 juta.

Mengutip Bikesrepublic, menurut pemiliknya, motornya merupakan 125Z tahun 1998 batch pertama. Motor hampir sepenuhnya direstorasi dengan komponen stok lama (NOS).

Di Malaysia, Hong Leong Yamaha Motor mengakhiri produksi Z125 pada 2018. Sejak itu motor ini menjadi salah satu model yang paling dicari karena performa dan karakteristiknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com