PPKM Berlanjut, Kemenhub Pastikan Aturan Transportasi Tak Berubah

Kompas.com - 03/08/2021, 13:31 WIB
Sejumlah kendaraan melintas di tol layang Jakarta-Cikampek II, Bekasi Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Pada arus balik libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW, lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar. ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAHSejumlah kendaraan melintas di tol layang Jakarta-Cikampek II, Bekasi Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Pada arus balik libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW, lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar.

JAKARTA, KOMPAS.com - PPKM Level 1-4 resmi diperpanjang hingga 9 Agustus 2021 mendatang. Sejalan dengan hal tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegaskan bila semua aturan perjalanan masih berlaku.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatkan, aturan mengenai syarat perjalanan transportasi masih merujuk pada Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 16 Tahun 2021, tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19 yang terbit 26 Juli 2021.

"Syarat perjalanan transportasi sesuai SE Satgas bertujuan tetap membatasi aktivitas masyarakat untuk menekan laju peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia," kata Adita dalam keterangan resminya, Selasa (3/8/2021).

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Syarat Perjalanan Darat Masih Berlaku

Adita mengatakan Kemenhub sudah merilis empat SE terkait syarat perjalanan pada semua moda. Mulai dari laut, udara, perkeretaapian, dan transportasi darat yang merujuk pada kendaraan umum dan pribadi.

Ilustrasi penyekatan di jalan tol yang dilakukan Jasa MargaDok. Jasa Marga Ilustrasi penyekatan di jalan tol yang dilakukan Jasa Marga

Keempat aturan tersebut dipastikan masih tetap berlaku sampai 9 Agustus 2021 mendatang. Karena itu, masyarakat diminta tetap patuh dan melengkapi syarat sesuai ketentuan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara umum, ketentuan yang diatur dalam SE Satgas No 16 2021 dan ditindaklanjuti melalui empat SE Kemenhub, sebagai berikut :

1. Pembagian wilayah disesuaikan dengan Instruksi Mendagri No 24,25 dan 26 tahun 2021 dimana terdapat kategori PPKM berdasarkan Level 1,2,3, dan 4.

2. Perjalanan orang dalam negeri antar kota / jarak jauh harus memenuhi syarat berupa :

Untuk kategori PPKM Level 4 dan 3 :

a) Untuk moda transportasi udara wajib menunjukkan kartu vaksin (minimal
vaksinasi dosis pertama) dan surat keterangan hasil negatif tes RT- PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan;

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.