Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lalu Lintas Kendaraan di Jakarta Mulai Ramai Saat PPKM Level 4

Kompas.com - 31/07/2021, 16:02 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comLalu lintas kendaraan selama perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 4 mulai mengalami peningkatan. Padahal pos penyekatan yang memeriksa warga diklaim tidak kendur.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan, mobilitas justru mengalami peningkatan khususnya dalam tiga hari terakhir.

“Kalau dihitung dari volume arus lalu lintas dari tiga gerbang tol utama yang menuju ke Jakarta, yaitu Cililitan, Tomang, dan Halim terjadi peningkatan sampai 30 persen,” ujar Sambodo, dilansir dari NTMC Polri (31/7/2021).

Baca juga: Banyak Sopir Truk Sengaja Tabrak Orang yang Tiba-tiba Mencegat

Anggota TNI dan Polri melakukan penyekatan kendaraan saat PPKM Darurat di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (5/7/2021). Penyekatan ini mengakibatkan kemacetan parah di ruas Jalan Raya Lenteng Agung.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Anggota TNI dan Polri melakukan penyekatan kendaraan saat PPKM Darurat di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (5/7/2021). Penyekatan ini mengakibatkan kemacetan parah di ruas Jalan Raya Lenteng Agung.

Meningkatnya arus lalu lintas pada masa PPKM Level 4 bukannya tanpa alasan. Menurut Sambodo, PPKM Level 4 ini memang lebih memberikan kelonggaran kepada masyarakat ketimbang PPKM darurat sebelumnya.

Salah satu kelonggaran tersebut adalah memberikan izin kepada sejumlah usaha, seperti bengkel dan laundry, untuk beroperasi lebih lama dari sebelumnya.

Hal inilah yang diduga menjadi penyebab meningkatnya mobilitas masyarakat yang masuk ke wilayah DKI Jakarta.

Baca juga: Dosa Memanaskan Mesin Mobil dalam Posisi Mager

Pengendara motor mencoba melewati barrier saat diberlakukan penyekatan pembatasan mobilitas masyarakat pada PPKM Darurat di wilayah perbatasan menuju Jakarta di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta, Sabtu (3/7/2021). Polisi melakukan penyekatan di 63 titik wilayah di Jadetabek untuk membatasi mobilitas warga saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat di Jakarta yang akan berlangsung hingga 20 Juli 2021 mendatang. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp.ANTARA FOTO/INDRIANTO EKO SUWARS Pengendara motor mencoba melewati barrier saat diberlakukan penyekatan pembatasan mobilitas masyarakat pada PPKM Darurat di wilayah perbatasan menuju Jakarta di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta, Sabtu (3/7/2021). Polisi melakukan penyekatan di 63 titik wilayah di Jadetabek untuk membatasi mobilitas warga saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat di Jakarta yang akan berlangsung hingga 20 Juli 2021 mendatang. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp.

“Pekerja-pekerjanya berarti kan sudah mulai melaksanakan mobilitas,” kata Sambodo.

Meski begitu, Sambodo memastikan, mekanisme dan jumlah titik penyekatan masih berlaku sama pada PPKM Level 4.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com