Jangan Asal Bersihkan Filter Udara Motor, Harus Disesuaikan dengan Jenisnya

Kompas.com - 02/07/2021, 10:12 WIB
Filter udara pada sepeda motor IstimewaFilter udara pada sepeda motor

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Filter udara atau penyaring udara merupakan salah satu bagian penting dalam sepeda motor yang mempengaruhi performa. Jika saringan udara kotor, maka udara yang masuk ke mesin menjadi lebih sedikit. 

Alhasil dapat menyebabkan performa mesin menjadi tidak optimal. Bahkan, paling fatal bisa mogok karena permasalahan itu.

Sebab, udara yang masuk terhambat akibat filter udara yang kotor, maka campuran perbandingan udara dan bahan bakar menjadi tidak ideal. Motor akan terasa lebih boros karena pembakaran juga tidak sempurna.

Baca juga: PPKM Darurat Jawa-Bali, Ini Aturan Perjalanan ke Luar Kota

Filter udara yang kotor juga mengakibatkan kerja penyaringan berkurang, sehingga akan banyak debu kecil yang tidak tersaring dan masuk ke ruang bakar. Akibatnya mesin motor dapat mengalami kerusakan akibat endapan yang ditimbulkan.

Filter udara motor kotormazped.com Filter udara motor kotor

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk itu, pembersihan komponen ini harus sering dilakukan. Feri Firmansyah, mekanik dari bengkel Bandit Racing Engines di Sukoharjo, Jawa Tengah mengatakan, filter udara motor dapat dibersihkan sendiri, namun perlakuannya harus sesuai dengan jenisnya.

"Filter udara sebenarnya bisa dilakukan pembersihan sendiri, pembersihannya cukup dibersihkan dengan kompresor dari arah yang berlawanan dari arah isap sehingga kotoran yang terjebak bisa terdorong oleh udara saat dibersihkan," kata Feri kepada Kompas.com, Kamis (1/7/2021).

Baca juga: Honda Kembalikan Uang Konsumen Saat Aturan Baru PPnBM 0 Persen Berlaku

Feri juga mengatakan, sebaiknya jangan langsung mencuci filter udara sepeda motor menggunakan air. Karena kebanyakan filter udara yang dipakai yakni filter udara yang menggunakan bahan seperti kertas (Dry Paper). Cara pembersihan dan perawatan untuk setiap jenis bahan juga berbeda.

"Ada juga filter udara yang bisa dicuci pakai air, itu filter udara jenis ferrox. Harganya juga lebih mahal dan bisa lebih tahan lama," ucap Feri.

Bersihkan filter udara motortegean.wordpress.com Bersihkan filter udara motor

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan sendiri untuk merawat filter udara berdasarkan jenis filter udara yang digunakan:

1. Air Cleaner Urithane Foam (Bahan Busa)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.