Bagaimana Perkembangan Stasiun Pengisian Baterai Bus Listrik?

Kompas.com - 12/04/2021, 17:01 WIB
Bus listrik Zhongtong KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANIBus listrik Zhongtong

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) sedang mempersiapkan armada bus listrik. Rencananya, tahun 2021 akan ada 100 bus listrik yang digunakan sebagai armada TransJakarta.

Terkait dengan rencana tersebut, bagaimana kesiapan infrastruktur lain yang mendukung kelancaran operasional bus listrik? Misalnya seperti stasiun pengisian baterai bus listrik.

Direktur Utama PT TransJakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo mengatakan, TransJakarta mengemas program bus listrik dalam skema Bus, Driver, Maintenance dan Insurance (BDMI) menjadi tanggung jawab operator.

Baca juga: Bisa Lewat Online, Bayar Pajak Tak Perlu Lagi Datang ke Samsat

Charging station milik BPPT untuk kendaraan listirik.stanly Charging station milik BPPT untuk kendaraan listirik.

“Setiap unit bus yang dibeli oleh operator, itu dilengkapi dengan satu portable charger. Karena ini bicara tentang Siap Guna Operasi (SGO), maka masing-masing operator bertanggung jawab terkait kesiapan armada yang mereka miliki,” ucap Jhony kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun TransJakarta juga bersiap menyediakan Integrated Charging Station. Hal ini sejalan dengan misi TransJakarta, yaitu mewujudkan visi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang ingin mengubah mindset orang untuk menggunakan transportasi publik.

“Oleh sebab itu, ada kewajiban di TransJakarta untuk mendukung prograng tersebut. Oleh sebab itu kita merencanakan beberapa charging station yang terintegrasi,” kata Jhony.

Baca juga: Ini Bahayanya Sembarang Pasang Defogger di Mobil

Jhony menjelaskan, nantinya pada charging station itu terdapat pemukiman, tempat belanja, dan ada tempat parkir. Jadi orang datang dari rumah, parkir di situ dan pergi naik bus ke tempat kerjanya.

“Nanti pulang kerja naik bus ke tempat tadi, dia bisa belanja dahulu, ambil mobil lalu dia pulang. Ini adalah upaya Transjakarta mendukung visi Pemprov DKI,” ucapnya.

Di tempat ini juga tersedia charging station untuk bus-bus listrik milik operator yang ingin mengisi daya baterainya. Nantinya akan ada additional fee yang jadi pendapatan tambahan lain-lain TransJakarta.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X