Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Tidak Perlu Khawatir Perjalanan Jauh Pakai Hyundai Ioniq 5

Kompas.com - 24/07/2024, 19:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Sejak diluncurkan pada 2021, Hyundai Ioniq 5 masih menjadi mobil listrik berbasis baterai yang menyita perhatian masyarakat Indonesia.

Hal tersebut berkat desain ikonik yang dibenamkan dan semua teknologi canggihnya. Apalagi, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) kerap memberi kemudahan bagi penggunanya.

Terbaru, perusahaan bekerja sama dengan CPO (Charging Point Operator) untuk perluas jangkauan fasilitas pengisian daya atau charging station pemilik mobil listrik di Tanah Air.

Baca juga: Hyundai Pastikan Kehadiran Mobil Listrik Murah di RI

Hyundai IONIQ 5. Dok. Hyundai Hyundai IONIQ 5.

Melalui kemitraan terkait, Hyundai akan mendirikan 400 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di seluruh wilayah Indonesia.

“Langkah strategis ini sekaligus menekankan posisi Hyundai sebagai game changer di industri otomotif yang secara konsisten berinovasi dalam mempercepat elektrifikasi di Indonesia,” kata Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer HMID, Jumat (20/7/2024).

Sehingga, selain bebas ganjil genap kendaraan akan lebih mudah untuk melakukan pengisian daya selama penggunaan harian.

Lebih jauh, Ioniq 5 sendiri dibenamkan Parametric Pixel, yang memadukan nuansa analog dan pixel digital dengan garis-garis futuristik pada tubuhnya. Desain tersebut memberi kesan orisinal dan tidak lekang oleh waktu.

Baca juga: Hyundai Sebut Harga Pasar Mobil Listrik Bekas Mulai Terbentuk

Test drive Hyundai Ioniq 5 Bluelinkedij@nw@ri Test drive Hyundai Ioniq 5 Bluelink

Interiornya pun mewah dan futuristik berkat Vision Roof dan Universal Island, konsol tengah yang fleksibel untuk menyesuaikan kebutuhan ruang pengguna, hingga material kulit berkualitas yang digunakan.

Material pada seluruh bagian kabinnya juga dibuat dari bahan ramah lingkungan untuk mendukung hidup yang berkelanjutan.

Ioniq 5 tersedia dalam beberapa konfigurasi power electric yang disesuaikan kebutuhan mobilitas. Pelanggan dapat memilih dari dua opsi ukuran baterai, yaitu 58 kWh atau 72,6 kWh.

Pada tipe Prime Standard dan Signature Standard, mobil mampu berakselerasi dari 0 ke 100 kpj dalam waktu 8,5 detik, sedangkan tipe Prime Long Range dan Signature Long Range mampu berakselerasi dari 0 ke 100 kpj hanya dalam 7,4 detik.

Baca juga: 60 Persen Konsumen Mobil Listrik Hyundai Beli Secara Tunai

Tampilan LED bergaya Parametric Pixel pada bagian belakang IONIQ 5. Dok. Hyundai Tampilan LED bergaya Parametric Pixel pada bagian belakang IONIQ 5.

Salah satu mobil listrik terlaris ini juga telah dilengkapi Paddle Shifter untuk regenerative braking, yaitu sebuah sistem yang akan mengisi daya baterai mobil dengan memanfaatkan energi kinetik yang dihasilkan saat mobil tengah melakukan deselerasi.

Soal keamanan, Ioniq 5 telah dibekali perangkat ADAS yang meliputi Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Lane Following Assist (LFA), Safe Exit Assist (SEA), Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA), Smart Cruise Control with Stop & Go Function (SCC w/ S&G), Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA), serta Surround View Monitor (SVM).

Kini, mobil ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 750,4 juta sampai Rp 816 juta OTR Jakarta.

Selama ajang GIIAS 2024, Hyundai Indonesia memberi berbagai penawaran menarik, salah satunya kesempatan mendapat satu unit IONIQ 6 untuk setiap pembelian model kendaraan apapun.

Baca juga: Menko Airlangga Beri Perhatian Khusus buat Mobil Listrik di GIIAS 2024

Dasbor Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Dasbor Hyundai Ioniq 5

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau