Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapasitas dan Pernak-pernik Interior Bus Listrik Zhongtong

Kompas.com - 09/04/2021, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kompas.com mendapatkan kesempatan untuk melihat lebih dekat bus listrik Zhongtong yang sedang diuji coba oleh TransJakarta. Pengujian dilakukan untuk melihat kemampuan dari bus listrik sebelum digunakan untuk armada TransJakarta.

Secara eksterior, bus listrik Zhongtong ini bertipe low entry, dengan dek rendah, sehingga cocok untuk di perkotaan. Tampilannya juga modern, memiliki kombinasi warna hitam dan putih di seluruh bodinya.

Masuk ke kabin, ada dua pintu yang bisa diakses penumpang, depan dan tengah. Khusus untuk pintu tengah, disediakan platform yang bisa mempermudah orang dengan kursi roda masuk ke kabin bus.

Baca juga: Warga Makassar Sudah Bisa Inden Toyota Raize

Kabin bus listrik ZhongtongKOMPAS.com/SETYO ADI Kabin bus listrik Zhongtong

Kalau masuk dari pintu depan, tersedia juga tempelan untuk kartu uang elektronik. Melihat ke bagian dalam kabin, tersedia 35 tempat duduk, dua kursi lipat, dan 25 hand grip. Jadi jika dijumlahkan, bus Zhongtong ini bisa memuat 62 penumpang.

Kursi lipat di kabin bus ini ditempatkan pada area untuk kursi roda, jadi bisa dilipat jika digunakan untuk kursi roda. Kemudian, dari 35 tempat duduk ini, ada empat kursi disabilitas dengan warna kursi yang berbeda.

Untuk lantainya, karena model low entry, jadi memang agak rendah. Namun jika berjalan dari tengah ke belakang, lantainya jadi lebih tinggi. Kemudian, tersedia juga sistem hiburan seperti dua layar TV yang ada di kabin.

Baca juga: Ini Daftar MPV Murah Bekas di Bawah Rp 100 Juta

Kabin bus listrik ZhongtongKOMPAS.com/SETYO ADI Kabin bus listrik Zhongtong

Salah seorang pegawai dari TransJakarta mengatakan, kalau kabin bus ini masih belum sesuai dengan spesifikasi TransJakarta. Hal ini dikarenakan peruntukannya yang hanya sebagai unit uji beban dan uji kilometer.

Jadi misalnya bus ini nantinya akan digunakan sebagai armada TransJakarta, bentuk kabin akan disesuaikan kembali. Misalnya dengan ukuran lebar kursi, disesuaikan dengan spesifikasi dari TransJakarta, bisa lebih kecil atau besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com