Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BYD Pastikan Harga Mobilnya Tidak Naik dalam Waktu Dekat

Kompas.com - 26/07/2024, 17:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


TANGERANG, KOMPAS.com - Pemerintah RI resmi menerbitkan Peraturan Presiden atau Perpres Nomor 79 Tahun 2023 yang merevisi aturan sebelumnya, Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Melalui perubahan tersebut, perusahaan otomotif yang sudah memenuhi syarat dapat mengimpor mobil listrik murni (Battery Electric Vehicle/BEV) secara utuh atau completely built-up (CBU) tanpa biaya bea masuk dan dibebaskan PPnBM serta pajak daerah.

Akan tetapi, bukan berarti perusahaan terkait bebas mengimpor mobil. Sebab, pada salah satu beleidnya, pabrikan harus membangun fasilitas manufaktur dan/atau meningkatkan produksi mobil listrik selama periode impor atau akhir 2025.

Baca juga: Pilihan Ban SUV dan Pikap Kabin Ganda di GIIAS 2024

Salah satu pabrikan yang menikmati kebijakan tersebut adalah BYD Indonesia. Seperti diketahui saat ini BYD menjual kendaraan listrik dengan harga yang terjangkau, dimulai dari Rp 300 jutaan.

BYD Atto 3 AdvancedKompas.com/Nanda BYD Atto 3 Advanced

Kalau insentif tersebut sudah tidak diberlakukan, otomatis harga kendaraan listrik CBU tentu akan mengalami penyesuaian.

Kendati demikian, BYD Indonesia memastikan bahwa kendaraannya tidak akan mengalami kenaikan harga meski insentif bebas impor mobil listrik sudah tidak diberlakukan.

“Sebenarnya BYD bukan spesifik pemanfaatan insentif impor, karena BYD adalah kegiatan penetrasi market berbasis investasi. Kita mensimulasikan harga sekarang dengan kondisi lokal produksi. Jadi tidak ada perbedaan (harga), ada manufaktur atau tidak ada manufaktur,” ucap Head of Marketing Communication PT BYD Motor Indonesia Luther T Panjaitan, Kamis (26/7/2024).

Baca juga: Pasar EV Makin Ketat, Hyundai Minta Persaingan Sehat dan Transparan

Seperti diketahui, BYD saat ini sedang membangun fasilitas perakitan dalam negeri di Jawa Barat yang ditargetkan selesai pada akhir 2025. Disebutkan bahwa fasilitas pabrik BYD itu akan berdiri di lahan sekitar 109 hektar (ha).

Namun, belum diketahui secara pasti model apa saja yang akan diproduksi di pabrik tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau