Cara Bayar Pajak 5 Tahunan tapi Kendaraan di Luar Daerah

Kompas.com - 12/04/2021, 15:41 WIB
Pajak STNK Honda CBR250RR SP QS KOMPAS.com/GilangPajak STNK Honda CBR250RR SP QS
|

SOLO, KOMPAS.com - Pembayaran pajak Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bisa dilakukan melalui daring. Namun untuk pajak lima tahunan harus membawa kendaraan ke kantor Samsat tujuan.

Hal ini dikarenakan untuk pajak lima tahunan terdapat proses cek fisik kendaraan yang harus dilakukan di Samsat.

Proses ini harus menyertakan kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya. Bagaimana jika kendaraan berada di luar daerah sedangkan sudah waktunya untuk bayar pajak?

Baca juga: Ini Tarif Resmi Bikin Baru dan Perpanjangan SIM

Kepala Seksi Pajak Kendaraan Bermotor Samsat Surakarta Nandika Wahyu Candra, menjelaskan jika kendaraan di luar daerah pajak lima tahunan masih bisa dilakukan.

Akan tetapi harus ada syarat bukti cek fisik kendaraan yang bersangkutan.

sejumlah warga melakukan pengurusan pajak kendaraan bermotor di kantor Samsat Soloari purnomo sejumlah warga melakukan pengurusan pajak kendaraan bermotor di kantor Samsat Solo

"Pajak lima tahunan kendaraan yang berada di luar daerah masih bisa dilakukan namun dengan cek fisik bantuan, masih bisa diurus dengan bantuan dari Samsat," kata Nandika kepada Kompas.com, Senin (12/4/2021).

Baca juga: Polisi Mulai Cegah Aktivitas Mudik Lebaran 2021 Mulai Hari Ini

Untuk cek fisik bantuan, Nandika menjelaskan daripada membawa kendaraan dari luar daerah yang membutuhkan waktu dan biaya yang banyak, wajib pajak bisa memohon ke Samsat untuk diberikan cek fisik bantuan.

Nantinya dokumen cek fisik bantuan akan dikirimkan beserta Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), STNK, dan KTP pemilik kendaraan yang bersangkutan.

Tidak bisa melakukan pajak lima tahunan tanpa cek fisik kendaraan, maka dari itu solusi ini bisa digunakan.

petugas melakukan cek fisik kendaraan yang pajak lima tahunan di Samsat Kota Soloari petugas melakukan cek fisik kendaraan yang pajak lima tahunan di Samsat Kota Solo

"Kalau pajak lima tahunan semuanya harus cek fisik, tidak bisa kalau tanpa cek fisik kendaraan," ucap Nandika.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X