Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Sleeper Makin Terkenal, Laksana Terus Berinovasi

Kompas.com - 22/07/2024, 11:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Karoseri Laksana membawa banyak bus baru buat pemeran GIIAS 2024. Paling menarik perhatian adalah dua bus dengan bodi baru, pertama ada suites class mesin depan, satu lagi bus tingkat dengan 10 bangku selonjoran.

Laksana bisa dibilang jadi pionir bus suites dengan model bangku tiduran yang disusun bertingkat. Sekarang, hampir semua karoseri besar punya lini produk dengan konsep yang serupa dengan berbagai inovasinya sebagai pembeda.

Technical Director Karoseri Laksana Stefan Arman mengatakan, sebagai pionir, Laksana melihat tren suites class sangat masif di Indonesia.

Baca juga: Alasan Karoseri Laksana Luncurkan Bodi Bus Pakai Nama Neo

Kabin sleeper bus buatan Karoseri Laksana pakai bodi Legacy SR3 Neo Fe Suites ClassKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Kabin sleeper bus buatan Karoseri Laksana pakai bodi Legacy SR3 Neo Fe Suites Class

"Sekarang tidak hanya di pulau Jawa, namun di Sumatera, Makassar, sudah mulai banyak permintaan," kata Stefan kepada Kompas.com, Jumat (19/7/2024).

Memang dulu bus suites terkenal baru di Pulau Jawa, melayani penumpang lewat tol Trans-Jawa. Seiring waktu, PO di Sulawesi ikut memesan, lalu di Sumatera juga sekarang sudah ramai bus tiduran tersebut.

"Makanya kita godok terus pasar itu (suites) dengan variannya makin banyak," kata Stefan.

Baca juga: 6 Mobil Konsep yang Dipamerkan di GIIAS 2024


Buat Suites Class dengan mesin depan, Stefan memberi opsi lebih ekonomis buat para PO yang mau mempunyai bus dengan kabin selonjoran yang harga sasisnya lebih murah.

"Yang pasti sasis mesin depan harganya lebih ekonomis, saya kira cukup menarik buat pasar. Sudah dapat air suspension juga," kata Stefan.

Sedangkan yang mau berkreasi pakai bus tingkat, Laksana sekarang punya Legacy SR3 Double Decker Suites Combi. Jadi di lantai dua, ada delapan bangku tiduran yang bertumpuk, total ada 10 di dalam satu bus tingkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau