Mengemudi Jarak Jauh Waspada Mesin Mobil Overheat

Kompas.com - 28/10/2020, 11:22 WIB
Ilustrasi mesin overheat SHUTTERSTOCKIlustrasi mesin overheat
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan mobil pribadi, sebaiknya dipastikan kondisi mobil benar-benar siap digunakan.

Pengecekan setiap komponen kendaraan roda empat perlu dilakukan guna memastikan setiap bagiannya bekerja dengan baik saat digunakan.

Dengan memastikan kondisi kendaraan yang digunakan maka akan menjamin keamanan serta kenyamanan selama menempuh perjalanan jarak jauh.

Mengingat, selama ini tidak sedikit kejadian mesin mobil mengalami panas berlebih atau overheat ketika digunakan.

Baca juga: Blokir STNK Segera Berlaku, Pelajari Regulasinya

Kondisi ini tentunya bisa membuat panik pengemudi, karena tidak menutup kemungkinan kejadian ini bisa berimbas pada permasalahan lain seperti kerusakan mesin atau bahkan terjadinya kebakaran.

Ilustrasi mesin mobil overheatSHUTTERSTOCK Ilustrasi mesin mobil overheat

Sigit Wahyu Anggoro, Division Head After Sales & Biz Solution CARfix Indonesia, mengatakan, kondisi mesin mengalami panas berlebih bisa dideteksi dan pengemudi tidak perlu langsung panik.

Pengemudi bisa melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

“Bila di perjalanan temperatur mobil anda mengalami overheat, indikasinya bisa dilihat dari mesin mengeluarkan asap, mesin tersendat sendat dan mesin langsung mati,” kata Sigit kepada Kompas.com, Selasa (27/10/2020).

Baca juga: Blokir STNK yang Mati 2 Tahun Segera Diberlakukan

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan pengemudi jika mesin mengalami overheat

1. Jangan panik

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X