Modal Rp 25 Ribu Bikin Kaca Helm Jadi Anti-Air

Kompas.com - 27/10/2020, 15:21 WIB
Ilustrasi berkendara saat hujan motorcyclenews.comIlustrasi berkendara saat hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki musim penghujan, setiap pengemudi motor harus mempersiapkan perlengkapan penunjang seperti jas hujan agar tetap aman dan nyaman saat berkendara.

Salah satu permasalahan yang kerap menimpa pengemudi motor saat hujan adalah kaca helm yang mengembun atau air yang menempel pada permukaan kaca. Sebab bisa mengganggu pengelihatan sehingga sulit untuk melihat jalanan.

Alangkah baiknya pengemudi motor mempertimbangkan penggunaan aksesori tambahan seperti anti-rain (hydrophobic) pada visor helm.

Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan Satu Tahunan Bisa Diwakilkan, Ini Syaratnya

Aditya Wahyu Utama pemilik 1Ds Inside, Helmets & Racing Gear Detailing Service mengatakan, anti-rain pada visor helm memiliki sifat ‘hydropobic’ atau efek daun talas sehingga butiran air tidak akan menempel pada permukaan visor.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Murah, mudah dan Fungsi diMusim hujan.

A post shared by Helm•Apparel•Detailing•Service (@wahyu1ds_official) on Sep 15, 2020 at 4:55am PDT

“Umumnya memang digunakan untuk pebalap. Namun karena banyaknya permintaan, tidak ada salahnya dipasang untuk penggunaan harian supaya visibilitas tetap baik ketika berkendara di tengah hujan,” ujar pria yang akrab disapa Wahyu kepada Kompas.com, Selasa (27/10/2020).

Tidak hanya sebagai anti air, stiker ini juga berfungsi sebagai anti scratch alias anti baret.

"Jadi selain menolak air saat musim hujan, sticker ini juga berfungsi melindungi visor dari baret akibat kerikil kecil," kata Wahyu.

Baca juga: PSBB Transisi Diperpanjang, Ganjil Genap Belum Berlaku

Wahyu melanjutkan, metode pemasangannya pun cukup mudah hanya tinggal tempel di visor helm saja. Dipasangkan pada bagian visor layaknya tear-off. Namun sebelum menempel, pastikan permukaan helm sudah terbebas dari debu dan air.

“Penggunaannya bisa di semua helm, selama sudah flat visor. Kalaupun mau dipasang pada visor yang cembung sebetulnya bisa saja, tetapi harus dipotong lagi, ukurannya disesuaikan. Risikonya anti scrath-nya jadi sedikit karena medianya semakin kecil,” katanya.

Bicara soal harga, untuk harga per-satu lembar anti Rain (hydrophobic) dan anti scratch film dibanderol Rp 25 ribu.

“Lama pemakaian bisa sampai 3-4 bulan. Saya sendiri sudah pakai 4 bulan masih berfungsi normal," tutur Wahyu.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X