Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengemudi Jarak Jauh Waspada Mesin Mobil Overheat

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan mobil pribadi, sebaiknya dipastikan kondisi mobil benar-benar siap digunakan.

Pengecekan setiap komponen kendaraan roda empat perlu dilakukan guna memastikan setiap bagiannya bekerja dengan baik saat digunakan.

Dengan memastikan kondisi kendaraan yang digunakan maka akan menjamin keamanan serta kenyamanan selama menempuh perjalanan jarak jauh.

Mengingat, selama ini tidak sedikit kejadian mesin mobil mengalami panas berlebih atau overheat ketika digunakan.

Kondisi ini tentunya bisa membuat panik pengemudi, karena tidak menutup kemungkinan kejadian ini bisa berimbas pada permasalahan lain seperti kerusakan mesin atau bahkan terjadinya kebakaran.

Sigit Wahyu Anggoro, Division Head After Sales & Biz Solution CARfix Indonesia, mengatakan, kondisi mesin mengalami panas berlebih bisa dideteksi dan pengemudi tidak perlu langsung panik.

Pengemudi bisa melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

“Bila di perjalanan temperatur mobil anda mengalami overheat, indikasinya bisa dilihat dari mesin mengeluarkan asap, mesin tersendat sendat dan mesin langsung mati,” kata Sigit kepada Kompas.com, Selasa (27/10/2020).

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan pengemudi jika mesin mengalami overheat

1. Jangan panik

Sigit mengatakan, yang pertama dilakukan ketika mengalami mesin mobil overheat adalah tidak panik.

Pengemudi bisa langsung menepikan mobilnya ketika mesin mobil sudah menunjukkan tanda-tanda overheat.

“Tepikan mobil di tempat yang benar-benar aman dan tidak mengganggu aktivitas mobil lainnya,” katanya.

2. Matikan mesin

Setelah mobil dalam posisi di pinggir atau di tepi jalan yang aman, Sigit menambahkan, mesin sebaiknya langsung dimatikan.

“Matikan mesin dan diamkan mobil selama 15 hingga 30 menit untuk mendinginkan suhu mesin,” ucapnya.

3. Jangan buka tutup radiator

Saat kondisi mesin mengalami panas berlebih, Sigit mengatakan, jangan langsung membuka tutup radiator.

Kadang, saat mengalami overheat tidak sedikit pengemudi yang teledor dengan langsung membuka tutup radiator padahal posisinya masih panas.

“Langsung membuka tutup air radiator akan berbahaya, karena airnya masih panas dan akan membahayakan diri sendiri,” tuturnya.

4. Periksa radiator

Jika kondisi mesin sudah mulai dingin atau lebih kurang 30 menit bisa dicoba untuk melakukan pemeriksaan air radiator. Selain itu juga periksa bagian motor dinamo untuk memastikan kondisinya.

“Jika air radiator berkurang, maka isi kembali sesuai dengan batas maksimalnya. Kemudian mesinnya kembali dihidupkan,” kata Sigit.

5. Bawa ke bengkel

Sigit menyarankan, jika langkah-langkah tersebut sudah dilakukan tetapi kondisi mesin tetap panas atau suhu masih tinggi sebaiknya mobil dibawa ke bengkel.

Dengan membawanya ke tempat yang lebih paham maka bisa membuat kondisi mobil bisa segera ditangani dan mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah.

“Jika kondisi temperatur suhu mesin masih tetap tinggi saat mobil mulai berjalan, maka harus segera dibawa ke bengkel, karena ada beberapa hal yang tidak bisa dibetulkan sendiri,” ujarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/28/112200215/mengemudi-jarak-jauh-waspada-mesin-mobil-overheat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke