Mitos atau Fakta, Mobil Baru Tidak Boleh Langsung Dicuci?

Kompas.com - 17/07/2020, 10:22 WIB
Deretan mobil baru selesai diservis yang diparkir dengan posisi wiper diangkat. Kompas.com/Alsadad RudiDeretan mobil baru selesai diservis yang diparkir dengan posisi wiper diangkat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki mobil baru memang menjadi impian setiap orang, terutama yang baru turun dari showroom tentunya kondisinya juga sudah sangat sempurna.

Perawatan yang sedemikian rupa baik dari sisi ekterior maupun interior juga sudah diberikan oleh pabrikan agar kondisi mobil tetap baik.

Namun, ada beberapa masyarakat yang mempercayai bahwa mobil baru sebaiknya tidak boleh dicuci. Salah satu alasanya karena dinilai bisa merusak permukaan cat mobil.

Baca juga: Ini Pentingnya Merawat Lampu LED

Menganggapi hal tersebut, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna, mengatakan, bahwa anggapan tersebut hanya mitos belaka. Menurutnya, setiap mobil sudah mendapat perawatan sesuai standar yang tentunya aman bagi penggunaan luar maupun dalam.

Mencuci Mobil di AutoglazeKOMPAS.com / Aditya Maulana Mencuci Mobil di Autoglaze

“Kalau di bengkel Auto2000, semua mobil selalu dicuci. Baik saat berada di stockyard untuk tetap menjaga kebersihan dan kualitasnya,” ujar Suparna kepada Kompas.com.

Suparna melanjutkan, selama mencucinya menggunakan sabun khusus untuk mobil maka tidak akan menimbulkan permasalahan.

Baca juga: Modal Peniti buat Bersihkan Nosel Wiper

“Asal shampo atau sabun yang digunakan sesuai tidak masalah, kecuali kalau pakai deterjen jelas bisa merusak cat. Jangankan untuk mobil baru, mobil lama pun kalau dicuci menggunakan deterjen akan rusak catnya,” katanya.

Menurut Suparna, untuk mobil baru hanya diguyur menggunakan air bersih saja juga tidak masalah dan tidak perlu menggunakan shampo khusus.

“Semua mobil baru sudah ada clear coat sebagai pelindung dan pasti aman, kalau ada yang melapisi pakai lapisan nano, lapisan tambahan double clear bisa lebih aman lagi,” ucapnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X