Modal Peniti buat Bersihkan Nosel Wiper

Kompas.com - 16/07/2020, 19:37 WIB
Lubang nozzel otomotifnet.comLubang nozzel

JAKARTA, KOMPAS.com - Semprotan wiper memang jarang diperhatikan oleh para pemilik kendaraan, kehadirannya baru dirasa perlu jika semprotan air washer tidak lancar, karena nosel tersumbat.

Bagi pemilik mobil yang belum sempat pergi ke bengkel dapat melakukan pengecekan sekaligus perawatan ringan yang bisa dilakukan sendiri.

Perawatan di sini bersifat dasar, tapi efeknya sangat bermanfaat apalagi di musim hujan. Hal-hal kecil yang bisa dilakukan sendiri adalah dengan membersihkan beberapa komponen yang jarang digunakan, seperti air wiper sampai nosel wiper.

Baca juga: Kompartemen Apa Saja yang Ada di Bodi Bus?

“Bila belum sempat ke bengkel, usahakan untuk mengecek air wiper dan noselnya, kedua komponen ini akan sangat berperan terutama pada musim hujan,” ujar Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso.

Bersihkan lubang nozzel wiperotodiy.blogspot Bersihkan lubang nozzel wiper

Kedua komponen tersebut kemungkinan besar jarang digunakan, tapi saat ini fungsinya sangat diperlukan. Kondisi air wiper yang sudah lama tidak digunakan tinggal dikuras dan diisi baru, dengan cairan khusus yang mengandung sabun.

Baca juga: Atur Posisi Berkendara yang Nyaman Saat Naik Motor

“Sebisa mungkin tabung air (resevoir) juga harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum diganti dengan cairan baru,” kata Suparman.

Selain itu nosel wiper juga wajib diperhatikan. Kondisi jalan berdebu dan teriknya matahari di musim lalu bisa membuat lubang nosel tertutup debu sehingga suplai air tersumbat ketika digunakan.

“Ini sangat mudah untuk dibersihkan, tinggal siapkan peniti atau jarum lalu tusuk ke lubang nosel. Biasanya bila ada kotoran akan terasa sedikit keras. Kotoran yang menyumbat lubang nosel bukan hanya datang dari eksternal, tapi juga bisa dikarenakan kotoran pada tabung,” ucap Suparman.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X