Toyota Sienna Resmi Meluncur, MPV Baru Berbasis Camry

Kompas.com - 20/05/2020, 08:02 WIB
Toyota Sienna generasi keempat resmi meluncur di Amerika Serikat. Toyota.comToyota Sienna generasi keempat resmi meluncur di Amerika Serikat.

JAKARTA, KOMPAS.comSienna merupakan salah satu MPV dari jajaran produk Toyota di Amerika Serikat. Pertama kali meluncur pada 1997, kini Toyota Sienna generasi keempat hadir dengan desain yang berubah total.

Dilansir dari laman resmi Toyota, Sienna kini mengusung tampilan eksterior dan interior yang makin modern. Mobil ini dibandung dari basis TNGA-K yang sama dengan Camry, RAV4, maupun Harrier.

“Ini adalah kendaraan yang sepenuhnya baru dari bawah ke atas, termasuk platform sasis serta penggerak listrik baru,” ujar Monte Kaehr, Chief Engineer Toyota, dalam keterangan tertulis (18/5/2020).

Baca juga: Kesalahan Fatal Pengguna Mobil Transmisi Matik yang Bikin Mesin Jebol

Tampak belakang Toyota Sienna generasi keempat.Toyota.com Tampak belakang Toyota Sienna generasi keempat.

Sienna mengusung Toyota Hybrid System II, berteknologi hibrida, memadukan mesin bensin 4-silinder berkapasitas 2.500 cc  dengan sepasang motor listrik, plus baterai yang terisi otomatis saat berjalan.

Kombinasi dari dapur pacu tersebut mampu mengeluarkan tenaga sebesar 243 dk, yang sebetulnya masih kalah bertenaga dibandingkan mesin Sienna generasi sebelumnya.

Untuk diketahui, Sienna generasi ketiga yang dipasarkan di AS pada 2017-2019 menggunakan mesin bensin 3.500 cc V6 yang bertenaga 296 dk.

Baca juga: Hindari Tabrakan Beruntun dengan Jurus 3 Detik

Toyota Sienna generasi keempat yang meluncur di Amerika Serikat.Toyota.com Toyota Sienna generasi keempat yang meluncur di Amerika Serikat.

Melihat desainnya, Sienna terlihat sporty sekaligus tetap elegan. Apalagi pada varian XSE, MPV ini mengusung bumper dengan desain yang lebih agresif, serta penggunaan pelek ukuran 20 inci.

Pada interiornya, Sienna menggunakan dasbor model bertingkat dengan layar sentuh ukuran 9 inci di bagian tengah.

Sementara di bagian belakang, tersedia captain seat dengan format pelipatan kursi yang bisa menyediakan ruang kaki lebih lapang.

Baca juga: Ini Perbedaan Transmisi Matik Model Zig-zag dan Lurus

Tampilan dasbor di interior Toyota SiennaToyota.com Tampilan dasbor di interior Toyota Sienna

“Pengembangan generasi keempat Sienna adalah pekerjaan yang sangat besar, tetapi kami selalu bekerja menuju satu misi tunggal, yakni membuat van terbaik,” ucap Kaehr.

Sienna akan tersedia dalam varian XLE, XSE, Limited, dan Platinum yang dipasarkan mulai 34.000 dolar AS atau setara Rp 501 jutaan hingga 40.000 dolar AS atau sekitar Rp 590 jutaan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X