Shockbreaker Bocor, Haruskah Diganti Baru?

Kompas.com - 19/05/2020, 19:15 WIB
Kenali ciri-ciri shockbreaker rusak dari visual. Febri Ardani/KompasOtomotifKenali ciri-ciri shockbreaker rusak dari visual.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem peredam kejut atau yang biasa dikenal shockbreaker pada sepeda motor merupakan salah satu komponen yang penting saat berkendara.

Salah satu permasalahan yang cukup sering dialami oleh pengendara adalah shockbreaker yang bocor.

Ketika hal ini terjadi, tidak sedikit pemilik kendaraan yang memilih untuk menyervis shockbreaker yang bocor ketimbang ganti yang baru. Hal tersebut biasanya dilakukan agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu banyak.

Baca juga: Jangan Tergesa-gesa, Pahami Bahaya Naik Motor saat Kondisi Gerimis

Meski demikian, pemilik kendaraan harus tetap memperhatikan soal daya tahan. Shockbreaker yang bocor yang kemudian diservis tidak akan bisa bertahan lama jika memang kondisinya sudah parah.

Shockbreaker RTX pada Yamaha NMAX edisi terbatasFebri Ardani/otomania Shockbreaker RTX pada Yamaha NMAX edisi terbatas

Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno, mengatakan, untuk shockbreaker belakang apabila bocor harus diganti dengan yang baru, karena tidak ada part dan cara penggantian silnya.

Baca juga: Jangan Mudah Tertipu, Kenali Ciri Busi Palsu

“Berbeda dengan shockbreaker depan, penyebab kebocoran mungkin dari oli sil sudah tidah bagus atau as-nya baret. Kalau hanya sil saja dan as-nya masih bagus bisa diganti dan bisa awet. Tetapi kalau as-nya memang sudah jelek tidak menjamin,” ujar Endro saat dihubungi Kompas.com, Selasa (19/05/2020)

Endro melanjutkan, bocornya oli sil dan pipa bisa dikarenakan karena kotoran yang banyak dan menempel pada as sehingga bisa mengakibatkan bocornya sil.

“Bisa diakali as-nya diamplas lagi dibuat jadi rata lagi, tapi kalau sudah seperti itu tidak menjamin akan awet. Tergantung pada pemakaiannya,” katanya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X